Senin, 27 Mei 2019 03:09

Plaza Ikan Tuban, Sentra Produk Perikanan dan Peternakan

Jumat, 11 Januari 2019 12:40 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Plaza Ikan Tuban, Sentra Produk Perikanan dan Peternakan
Plaza Ikan Tuban segera diresmikan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) membangun plaza ikan di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Pasar berlantai tiga tersebut digadang-gadang sebagai pusat penjualan produk segar maupun produk olahan perikanan, namun juga tidak menghilangkan fungsi sebelumnya yakni sebagai tempat pelelangan ikan. Tak hanya itu, produk-produk dari hasil peternakan nantinya juga akan bisa didapati ditempat tersebut.

Kepala DPP Kabupaten Tuban, M. Amenan mengatakan, plaza ikan tersebut nantinya akan menjadi sentra produk unggulan dari hasil perikanan dan peternakan. Para penjual ikan yang selama ini berjualan di pinggir jalan akan direlokasi ke tempat baru yang jauh lebih layak.

"Konsepnya tempat itu akan menjadi sentra produk dari hasil perikanan dan peternakan, baik ikan segar ataupun produk kemasan," ujar Amenan kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (10/1).

Gedung yang menghabiskan anggaran sebesar Rp. 4,6 Miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini terdiri dari tiga lantai. Di lantai pertama akan digunakan sebagai tempat penjualan ikan, penjualan ikan basah, dan ikan asap, penjualan ikan hias, serta produk-produk olahan yang sudah dikemas dari hasil perikanan dan peternakan. Selain itu, juga sebagai pelelangan ikan yang dulu sudah ada, namun kali ini didesain lebih modern.

Nantinya di lantai satu mampu memuat puluhan pedagang ikan, dengan rincian ikan asap sebanyak 35 stand, dan ikan basah sebanyak 25 stand.

(Lantai dua yang akan dijadikan restoran aneka seafood)

"Sementara lantai dua untuk restoran aneka seafood, dan lantai tiga untuk kantor dan ruang pertemuan," jelas pria berkacamata ini sembari mengatakan jika di dalam gedung juga ada fasilitas penunjang yang saat ini pengerjaannya telah usai.

Amenan menyatakan akan secepatnya meresmikan tempat tersebut agar segera dapat dimanfaatkan oleh para pedagang dan masyarakat secara umum. "Para pedagang yang sudah didata kita jadikan satu di sana untuk menjaga dan menjamin kualitas, kebersihan, dan keaslian produk. Minimal akhir bulan depan dapat dilakukan opening," pungkasnya. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...