Jumat, 24 Mei 2019 05:00

Aksi Wudu Warnai Pelantikan Sekdakab Gresik

Rabu, 09 Januari 2019 16:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Aksi Wudu Warnai Pelantikan Sekdakab Gresik
Bupati Sambari HR saat melantik Sekdakab Gresik Andhy Hendro Wijaya. foto: SYUHUD ALMANFALUTY/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ada suasana berbeda dalam pelantikan Sekda Gresik, Andhy Hendro Wijaya di ruang Mandala Bhakti Praja, Rabu (9/1). Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang memimpin pelantikan meminta agar Andhy mengambil air wudlu di kamar mandi ruang pelantikan setempat. Andhy pun langsung mengambil air wudlu dikawal ajudan Bupati.

Bupati kemudian melantik Andhy Hendro Wijaya menjadi Sekda Gresik menggantikan Kng. Djoko Sulistiohadi yang pensiun. Pelantikan dihadiri ratusan undangan pejabat, perwakilan perusahaan, dan petinggi partai. Juga hadir Ketua DPRD H. Ahmad Nurhamim, Wabup Moh. Qosim, mantan Sekda Moch Nadjib, Kng. Djoko Sulistio Hadi, Bambang Isdianto, dan Pj Sekda Nadlif.

"Jika saya melanggar siap dikenakan sanksi sesuai peraturan perundangan berlaku. Saya juga siap dievaluasi," ujar Andhy saat membaca 1 dari 12 pakta integritas.

Sementara dalam sambutannya, Sambari menyatakan bahwa Andhy dilantik menjadi sekda setelah dinyatakan lulus seleksi dengan nilai terbaik. "Saya ucapkan selamat kepada Mas Andhy atas jabatan ASN tertinggi," ucapnya.

"Pelantikan sekda kali ini berbeda dengan pelaksanaan di tempat lain. Sebab, Pak Andhy minta diantarkan Kabid dan Sekretarisnya. Pak Andhy juga minta diiringi salawatan karena Gresik Kota Wali dan Santri," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Sambari berharap Andhy bisa menjalankan pembangunan dengan baik. "Tak usah lihat 7 tahun lalu. Lihat di 2018 saja. Kita telah realisasikan pembangunan lumbung air di Sukodono Ujungpangkah, bangun jembatan Sembayat dan kawasan Alun-alun yang akan diresmikan pada Maret 2019. Saat ini, di Gresik sudah ada Hotel Santika, Hotel @Home, Icon Mall, dan Gressmall," urainya.

Bupati juga meminta agar sekda memperhatikan bidang-bidang yang selama ini menjadi fokus pemerintah, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. "Program-program itu harus terus dilakukan," katanya.

Sambari juga berpesan agar Andhy mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang selama ini telah dicapai Pemkab Gresik. "Pemkab Gresik telah menorehkan banyak prestasi seperti wilayah bebas korupsi (WBK), dan Sakip. Gresik Insya Allah akan masuk 4 besar Sakip A secara nasional, dan masih banyak lagi keberhasilan lain yang ditorehkan. Saya meminta kebanggaan itu harus dipertahankan dan dilanjutkan oleh sekda Mas Andhy yang usianya masih 46 tahun," terangnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada sekda agar bertangungjawab terhadap Bupati dalam menjalankan tugasnya, dan tanggung jawab atas kinerja bawahan terhadap Bupati. Ia juga mengingatkan tugas pokok sekda, yakni memberikan pengawas dan pembinaan terhadap bawahannya.

"Saya minta sekda bisa membangun komunikasi dengan Bupati, Wabup, Asisten dan kepala OPD, DPRD, tokoh masyarakat, dan komponen masyarakat dan lainnya," pungkasnya.

Sementara Sekda Gresik, Andhy Hendro Wijaya mengaku siap menjalankan visi dan misi bupati yang sudah ada. Termasuk berkoordinasi dengan OPD, melakukan pembinaan dan pengawasan, dan peningkatan PAD untuk mendongkrak kekuatan APBD. 

Sekadar informasi, jejak karir Andhy sebelum memangku jabatan Sekda adalah ajudan bupati. Lalu menjadi Sekcam di Duduksampeyan, Camat Wringinanom, lalu Camat Manyar. Kemudian, menjadi Kabag Humas, naik eselon menjadi Asisten II, Kepala Dishub, dan terakhir Kepala BPPKAD.

Saat menjabat Kadishub, Andhy mengukir sejarah dengan meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dan Piala Bidang Kelalulintasan. Saat menjabat BPPKAD, Andhy juga bisa membawa BPPKAD raih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). 

Pelantikan ini juga dihadiri sejumlah tokoh seperti Ketua Dewan Penasehat MUI KH. Nur Muhammad, Ketua MUI KH. Mansoer Shodiq, dan Ketua FKUB KH.Afif Ma'sum. (hud/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...