Minggu, 26 Mei 2019 11:19

​Ketua Komisi A Persilakan KI Buka Laporan Kegiatan Jasmas

Minggu, 06 Januari 2019 21:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
​Ketua Komisi A Persilakan KI Buka Laporan Kegiatan Jasmas
Dr. Freddy Poernomo, S.H., M.H, Ketua Komisi A DPRD Jatim. foto: DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur, Freddy Poernomo berharap Komisi Informasi (KI) Jatim bisa membuka akses informasi bagi publik sesuai UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Menurut Freddy, seluruh informasi yang bersifat publik berhak diketahui masyarakat, termasuk informasi yang menggunakan APBD.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim ini juga mempersilakan bila KI Jatim mempublikasikan kegiatan anggota DPRD Jatim. Termasuk penggunaan dana jaring aspirasi masyarakat (jasmas) yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Kalau menurut saya, semua akses informasi harus dibuka selebar-lebarnya. Asal itu bukan rahasia negara. Jangankan SKPD atau OPD, kegiatan DPRD Jatim silakan dipublikasi. Termasuk laporan jasmas yang bersumber dari APBD," tegas Freddy, Minggu (6/1).

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim ini mengungkapkan dari profil calon komisioner KI Jatim, konfigurasinya cukup ideal. Sebab, perpaduan dari berbagai latar belakang. Mulai aktivis ormas, akademisi, birokrat, sampai praktisi media (pers).

Karena itu, Freddy berharap KI ke depan bisa lebih aktif mengawal hak masyarakat untuk mendapatkan hak informasi. Kalau perlu, KI bersikap proaktif dengan menyurati lembaga yang belum membuka informasi kepada publik.

"Hari ini tak ada lagi yang perlu ditutupi. Karena itu kalau masih ada lembaga yang menutup informasi publik, KI harus melakukan teguran. Saya kira perlu ada supervisi terhadap lembaga OPD atau SKPD," imbuh politikus asal Bojonegoro ini.

Freddy juga mengomentari figur 15 calon komisioner KI yang diserahkan ke Komisi A untuk menjalani fit and proper test. Menurut alumni Resimen Mahasiswa ini semua calon komisioner berkualitas. Karena itu siapapun yang nantinya terpilih menjadi komisioner mereka adalah yang terbaik.

"Dari 15 calon komisioner yang menjalani fit and proper test semuanya bagus. Kalau kami diberi pilihan memilih seluruhnya, maka kami pilih semua. Tapi karena sesuai aturan hanya bisa memilih 5 komisioner dan 5 komisioner cadangan. Meskipun keputusan itu tak bisa menyenangkan semua pihak," tutur Freddy.

Sementara itu, setelah melewati beberapa tahapan proses seleksi, mulai pendaftaran hingga fit and proper test yang menyisakan 15 calon komisioner Komisi Informasi (KI) Jawa Timur, akhirnya DPRD Jatim merekomendasikan 5 calon anggota KI Jatim periode 2018-2022 kepada Gubernur Jatim.

Kelima calon Komisioner ini tinggal menunggu persetujuan Gubernur Jatim untuk selanjutnya dilantik. Dari informasi yang beredar, mereka adalah :

1. A. Nur Aminudin

2. Edi Purwanto

3. Herma Retno Prabayanti

4. Imadoedin

5. Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si (Dosen FIA Universitas Brawijaya/ASN/unsur pemerintah). (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...