Kamis, 03 Desember 2020 00:52

Wow, Wabup Lumajang Bakal Berikan 10 Kali Gajinya Bagi Penangkap Maling Sapi

Jumat, 04 Januari 2019 19:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Imron Ghozali
Wow, Wabup Lumajang Bakal Berikan 10 Kali Gajinya Bagi Penangkap Maling Sapi
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. foto: IMRON/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Awal tahun 2018, Kabupaten Lumajang sebelah Utara kembali dikejutkan dengan maraknya pencurian hewan (curwan) sapi. Hampir setiap melancarkan aksinya, para pencuri membawa kabur 2 hingga 4 ekor sapi milik masyarakat setempat.

Kawasan Kabupaten Lumajang sebelah utara meliputi, Kecamatan Ranuyoso, Klakah, dan Randuagung menjadi tempat favorit bagi para pencuri untuk melancarkan aksinya. Sebab, ketiga kawasan ini, mayoritas penduduk beternak sapi.

Untuk meminimalisir dan memberikan rasa aman kepada masyarakat setempat. Kapolres Lumajang turun langsung ke lokasi dan menempatkan personil di kawasan setempat. Bahkan, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, menjanjikan hadiah fantastis bagi siapa saja yang berhasil menangkap maling sapi beserta aktor intelektualnya.

Bunda Indah berjanji akan memberi hadiah bagi masyarakat yang berhasil menangkap pencuri sapi beserta otak pencurian yang meresahkan masyarakat. "Saya akan berikan gaji saya 10 kali gaji (10 bulan-red) bagi masyarakat yang bisa menangkap maling sapi," ujar wanita cantik berkerudung itu saat melalukan apel bersama, Jum'at (04/01) pagi.

Pihaknya mengaku sangat menyayangkan tindak kriminal pencurian hewan ternak, khususnya sapi yang kian marak di wilayah Kabupaten Lumajang Utara. "Kami Pemerintah Kabupaten Lumajang, terus lakukan upaya serius penanganan kasus ini," ungkapnya.

Bunda Indah mengatakan akan selalu berkoordinasi dengan jajaran Polres Lumajang dan Kodim 0821 Lumajang. Hal ini dilakukan agar pencurian hewan bisa ditekan sedini mungkin sehingga tidak meresahkan masyarakat setempat.

Wabup merasa tertantang dengan sayembara yang dilakukan Kapolres Lumajang, AKBP. Dr. Arsal Sahban yang bersedia memberikan gaji satu bulannya untuk yang mampu menangkap pelaku pembegalan.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban telah menginstruksikan kepada para Kapolsek untuk membentuk satgas keamanan desa. "Satgas keamanan desa ini terbukti dapat menekan angka kriminalitas di seputaran," klaimnya.

Menurutnya, hal ini dapat menjadi langkah pertama dalam menghadapi permasalahan kriminalitas, di mana masyarakat ikut berperan serta atas keamanan di wilayah mereka dan juga Satgas Keamanan Desa. "Ini menjadi bentuk implementasi sinergisitas antara masyarakat dengan Kepolisian," pungkasnya. (ron/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...