Pakde Karwo ​Resmikan SMAN 3 Taruna Angkasa Jatim di Kota Madiun

Pakde Karwo ​Resmikan SMAN 3 Taruna Angkasa Jatim di Kota Madiun Gubernur Jatim saat Meresmikan SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Kota Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo meresmikan SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Kota, Senin (31/12).

Dalam sambutannya, Pakde Karwo, sapaan Soekarwo mengatakan, untuk menghasilkan SDM yang berkualitas baik, tidak hanya dibutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) saja. Namun etika dan moralitas yang di dalamnya termasuk semangat bela negara dan cinta tanah air, juga sangat diperlukan. 

"Untuk itu, peresmian SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Kota menjadi salah satu implementasi dalam mengembangkan etika dan moralitas tersebut," kata dia.

Pakde Karwo menuturkan, etika, moralitas, bela negara, dan cinta tanah air adalah hal yang sangat mendasar. Semua negara yang tidak punya nasionalisme, berantakan di perang saudara. "Kalau kita punya keyakinan kuat terhadap nasionalisme, kita akan menjadi bangsa yang maju,” kata Pakde Karwo.

Menurutnya, dengan model boarding school, siswa-siswi di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur dilatih kedisiplinan serta toleransi terhadap teman dan gurunya.

“Mungkin yang tadinya sulit, sekarang bangun pagi jadi kebutuhan. Fisik itu bisa diprogram dan lama-lama jadi kebiasaan. Apalagi di era saat ini, tidak ada gunanya pintar bila tidak memiliki etika dan moralitas yang baik,” kata Gubernur kelahiran ini.

Lebih lanjut menurutnya, pelimpahan wewenang SMA dan SMK kepada provinsi, sebagai upaya dalam menyamakan standar kualitas pendidikan, antara sekolah pinggiran maupun sekolah di kota. Sehingga tidak ada lagi istilah sekolah unggulan di kota maupun kecamatan.

Guna mendukung hal tersebut, faktor guru dan kepala sekolah sangat penting. Para guru dituntut memiliki sertifikasi. Selain itu kepala sekolah harus memiliki tiga fungsi utama yakni sebagai manajer, supervisor, dan entrepreneur.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO