Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Tak Temukan Lonjakan Harga Sembako

Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Tak Temukan Lonjakan Harga Sembako Tim Satgas Pangan saat mengecek harga di salah satu lapak penjual daging.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Penghujung akhir tahun 2018 ini, harga sejumlah kebutuhan sembako di Pasar Baru, Kabupaten Tuban masih terpantau stabil, meskipun perayaan natal dan tahun baru tinggal beberapa hari lagi. Walaupun tetap ada sejumlah harga bahan pokok yang mengalami lonjakan, namun tak signifikan.

Hal ini berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan petugas gabungan dari Polres Tuban, Diskoperindag, Bulog, dan Dinas Kesehatan, yang tergabung dalam satgas pangan. Justru, sebagian bahan kebutuhan pokok warga malah cenderung mengalami tren penurunan. Seperti harga daging misalnya, yang mengalami penurunan sebesar Rp. 500 sampai Rp. 1 ribu.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan, pengecekan harga dilakukan untuk menjaga stabilitas harga sembako di Kabupaten Tuban, terutama saat menjelang natal dan tahun baru. "Hasilnya rata-rata stabil, kalau ada kenaikan hanya sedikit, dan itu masih wajar," ujar Kapolres kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (20/12).

Untuk itu, dirinya meminta agar warga tidak perlu khawatir dengan harga yang masih tergolong normal. Dirinya juga memastikan tidak adanya permainan harga yang dilakukan oleh pedagang. Jika itu ketahuan, akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan perundangan yang berlaku.

"Kalau kita temukan pedagang yang nakal, kita akan beri sanksi tegas berupa pencabutan izin usaha hingga hukuman pidana," paparnya.

Sementara Kepala Diskoperindag Tuban, Agus Wijaya menambahkan, bahwa persediaan stok barang sampai saat ini juga terpantau aman. "Persediaan stok barang yang ada masih aman, cukup hingga awal tahun, apalagi beberapa bulan ke depan akan memasuki masa panen," ujarnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO