Kamis, 21 Februari 2019 17:54

Jalur Pacitan-Nawangan Sudah Terbuka, BPBD Lakukan Edukasi Kebencanaan

Minggu, 16 Desember 2018 11:23 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Jalur Pacitan-Nawangan Sudah Terbuka, BPBD Lakukan Edukasi Kebencanaan
Dianita, Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jalur yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dan Wonogiri melalui Arjosari-Nawangan yang tertimbun tanah longsor, Sabtu (15/12) sudah mulai terbuka. Tim TRC BPBD dengan melibatkan unsur TNI/Polri, UPT PJJ, dan masyarakat, bergotong-royong melakukan evakuasi sejak kemarin.

"Sejumlah alat berat sudah sampai di lokasi. Saat ini jalur yang semula tertimbun longsor sudah mulai terbuka," ujar Didik Alih Wibowo, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan, Minggu (16/12) dini hari.

Soal pengungsi yang berjumlah 7 kepala keluarga dan 14 jiwa di Dusun Pradah, Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari, Didik juga mengatakan bahwa sejauh ini dalam kondisi sehat. Sejak semalam mereka sudah menerima bantuan dari Bupati Indartato berupa makanan, obat-obatan dan selimut hangat.

"Mereka dalam kondisi sehat, tanpa kekurangan suatu apapun. Saat ini Tim TRC kami, masih standby di sana dan terus melakukan pemantauan," bebernya.

Sementara itu, Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Dianita, terus melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat soal mitigasi bencana. Hal tersebut diharapkan agar masyarakat paham untuk melakukan evakuasi dan mitigasi bencana secara mandiri.

"Kegiatan ini terus kami lakukan di sejumlah desa rawan bencana," ujarnya secara terpisah.

Dengan pemahaman masyarakat dalam mengenali bencana, diharapkan mereka akan semakin terasah saat musibah bencana alam datang. "Sehingga akan bisa meminimalisir terjadinya korban jiwa," tegasnya. (yun/ns)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...