Jadi Pilot Project Pengembangan SDM, SMKN 4 Kota Malang Dikunjungi Menko Perekonomian

Jadi Pilot Project Pengembangan SDM, SMKN 4 Kota Malang Dikunjungi Menko Perekonomian Menko Perekonomian dan Gubernur Jatim saat menerima cindera mata.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kamis (13/12) pagi melakukan peninjauan ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Malang.

Peninjaun tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan pihak sekolah sebagai pilot project pertama dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang ekonomi digital di Indonesia. Hal itu dimaksudkan sebagai pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di era industri 4.0.

Peninjauan kali ini, tersebut didampingi Gubernur Jatim H. Sukarwo melihat secara langsung tentang kompetensi jurusan yang dimiliki oleh sekolah ini. Kemampuan para siswa pun dilihat langsung oleh menteri sesuai dengan kompetensi yang mereka ambil.

Dalam rangka menuju era industri 4.0, SMKN 4 Kota Malang memang dipilih untuk dijadikan Pilot Projek melalui kerja sama revitalisasi sekolah menengah kejuruan (SMK) antara pemerintah pusat dan daerah.

"Terlebih SMK ini sendiri berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bisa mengelola pendapantannya secara mandiri melalui kompetensi sekolah, mulai dari percetakan hingga pariwisata,” ungkapnya.

Darmin menambahkan, untuk mendorong pelaksanaan vokasi pada 2019, pemerintah telah meningkatkan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan vokasi menjadi Rp 26 triliun,” tutupnya. (thu/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO