Senin, 21 Januari 2019 20:00

Gus Sholah: Santri Jangan Ikut Sebarkan Hoax

Rabu, 12 Desember 2018 23:00 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Gus Sholah: Santri Jangan Ikut Sebarkan Hoax
foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Kecamatan Diwek, K.H. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, meminta semua pihak termasuk para santri, agar tidak ikut-ikutan menyebarkan berita bohong atau Hoax.

Hal ini ia tegaskan saat diwawancarai sejumlah wartawan usai acara Seminar Nasional Integrasi Religius dan Nasionalis Menuju Pemilu Damai di Ponpes setempat, Rabu (12/12).

“Kepada santri-santri, supaya mereka juga sadar, tidak ikut menyebarkan berita yang tidak jelas (Hoax)," kata Gus Sholah.

Adik kandung Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini juga meminta kepada kementerian terkait, yakni Kementerian Informasi dan Komunikasi (Infokom), agar turut memberikan peringatan kepada semua pihak, termasuk dunia pendidikan akan dasyatnya efek dari berita hoax.

"Ternyata begitu dahsyat (efek hoax)," sambung Gus Sholah.

Gus Sholah berpesan, pada momentum menjelang Pemilu tahun 2019, dengan begitu panasnya suhu politik, pesan-pesan yang memicu kebencian dan ketidaksukaan kepada pihak lain, harusnya dapat diredam. "Kan eman-eman ini kalau kita hanya karena Pemilu kemudian kita ribut dengan kawan kita, saudara kita," tandasnya.

Acara seminar tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh dan narasumber. Seperti Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan, Kasubdit Bidang Politik Polda Jatim AKBP Asmoro, Plt Bupati Sampang Jonathan Judianto, Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi, serta Ketua Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suko Widodo. (ony/rev)

Jumat, 28 Desember 2018 23:10 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Toronan Semalam yang berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura memiliki keindahan tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan. Kampung ini cukup unik lantaran bunga Sakura yang kerap...
Rabu, 16 Januari 2019 09:58 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*17 JANUARI 2019 diagendakan pagelaran akbar berdemokrasi yang konon dinanti banyak orang. Konon saja mengingat situasinya sudah dipahami oleh khalayak mengenai materi yang diperbincangkan, bukan yang diperdebatkan. Inilah pe...
Sabtu, 19 Januari 2019 12:37 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 20-22 20. kullan numiddu haaulaa-i wahaaulaa-i min ‘athaa-i rabbika wamaa kaana ‘athaau rabbika mahtsuuraanKepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (gol...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...