Musim Penghujan, Peternak Diminta Waspadai Penyakit BEF

Musim Penghujan, Peternak Diminta Waspadai Penyakit BEF Kasi Kesehatan Hewan DPP Tuban, Basuki.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, hewan ternak sapi sangat rentan terserang penyakit Bovine Ephemeral Fever (BEF) atau akrab disebut dengan demam tiga hari.

Terkait hal ini, Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten melalui Kasi Kesehatan Hewan, Basuki kepada BANGSAONLINE.com, mengimbau agar para peternak sapi waspada. Sebab, penyakit BEF biasanya menyerang hewan ternak saat peralihan musim.

Ia mengajak kepada para peternak untuk menjaga kebersihan hewan dan juga kandang, demi mencegah penularan BEF. "Hewan ternak juga harus sering diperhatikan, seperti kondisi mata dan nafsu makannya," terangnya.

Lebih lanjut, Basuki menuturkan, penyakit BEF atau deman dan pilek merupakan penyakit yang paling sering menyerang hewan ternak sapi di Kabupaten . Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk dan lalat saat peralihan musim seperti saat ini. "Tapi hingga saat ini masih belum ada pengaduan adanya hewan ternak yang mati karena terkena penyakit itu," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengimbau kepada para peternak kambing agar tidak memberikan makanan hijau-hujauan dalam keadaan basah karena itu bisa mengakibatkan kambing kembung. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO