Butuh Waktu 12 Jam Berobat di RSUD Pacitan

Butuh Waktu 12 Jam Berobat di RSUD Pacitan Antrean di RSUD dr Darsono Pacitan yang berjubel. foto: Yuniardi Sutondo/ bangsaonline.com

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pelayanan pasien rawat jalan di RSUD dr Darsono, Pacitan, kembali dikeluhkan. Hal itu terkait pengambilan nomor antrean pasien yang dinilai terlampau sulit. Bahkan untuk bisa mendapatkan satu nomor antrean hingga pemeriksaan medis dan mendapat pelayanan kefarmasian, seorang pasien harus rela menunggu sampai 12 jam lebih.

"Saya tadi antre sejak Subuh hingga saat ini (sekira pukul 08.30 WIB) belum juga dipanggil. Biasanya nanti saat menjelang Dhuhur baru masuk ruang poli, dan menjelang sore baru dapat pelayanan obat," kata Ibu Imam Wahyudi, salah seorang pasien yang tengah antre di ruang tunggu RSUD dr Darsono, Selasa (11/12).

Sementara itu, saat wartawan hendak mencari tahu terkait nomor antrean, namun tiba-tiba dihadang oleh seorang petugas security rumah sakit bernama Ag. Satpam tersebut mengumpat wartawan dengan mengatakan tak tahu aturan. "Anda dari mana, dari media apa? Masuk rumah orang kok struta-srutu tidak kulo nuwun dulu. Di sini (rumah sakit) ada aturannya," umpat satpam tersebut pada wartawan.

Meski diberi tahu niat wartawan hendak melakukan peliputan, namun Ag tetap ngotot menghalangi awak media dan menegaskan kalau urusan publikasi media harus seizin bagian informasi. "Sebelum meliput Anda harus minta izin dulu dengan bagian informasi rumah sakit," ujarnya seraya mempersilakan wartawan bertemu dengan Seksi Informasi RSUD.

Kasie Informasi RSUD dr Darsono Pacitan Suyatmi meminta maaf atas sikap kurang pas yang ditunjukkan salah seorang satpam pada wartawan. "Mohon maaf, mungkin saking loyalnya mengabdi, sehingga sampai seperti itu," katanya.

Terkait masalah pelayanan yang banyak dikeluhkan masyarakat, Suyatmi juga meminta maaf bila selama ini belum bisa memuaskan banyak pihak. Namun ia memastikan bahwa rumah sakit sudah terus berbenah. Begitu pun soal pengambilan nomor antrean yang sudah disikapi secara online agar tidak terjadi praktik percaloan nomor antrean oleh oknum. "Kami selalu meminta kritik dan masukan membangun, agar pelayanan di RSD ini bisa lebih baik lagi," jelasnya.

Saat ditanya jam berapa sejatinya nomor antrean mulai dibuka, pejabat eselon IVa ini menegaskan, pukul 05.00 WIB antrean baru dibuka. Meski sebelumnya, pernah juga antrean dibuka mulai pukul 03.00 WIB. "Namun karena terlampau malam, akhirnya pihak manajemen menetapkan mulai pukul 05.00 WIB antrean baru dibuka," tandasnya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO