Lelang Sekda Trenggalek, BKD Tegaskan Pemilihan Berdasarkan Hasil Seleksi Pansel

Lelang Sekda Trenggalek, BKD Tegaskan Pemilihan Berdasarkan Hasil Seleksi Pansel Pariyo, Kepala BKD Trenggalek saat diwawancarai di Gedung DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek, Pariyo, memastikan bahwa lelang jabatan sekda kali ini akan berjalan sebagaimana aturan yang berlaku.

Hal ini disampaikannya untuk membantah isu yang berhembus bahwa lelang kali ini hanya sebagai formalitas, lantaran terdapat kerabat dekat Bupati Trenggalek yang turut serta menjadi salah satu peserta lelang jabatan, sehingga dipastikan bakal terpilih. 

"Pemikiran-pemikiran seperti itu sebenarnya tidak perlu terjadi," sesalnya usai mengikuti sidang Komisi di gedung DPRD Trenggalek, Senin (10/12).

Dikatakan oleh Pariyo, bahwa proses seleksi dalam lelang jabatan sekda ini murni diserahkan kepada akademisi, dalam hal ini Unair Surabaya. "Sedangkan BKD hanya bertugas sesuai tupoksinya sebatas membuka lowongan untuk calon sekda, melaksanakan, dan menerima hasilnya," terangnya.

Pariyo lantas menjelaskan syarat untuk menjadi sekda, yakni maksimal berusia 56 tahun dan harus menduduki jabatan di eselon dua. "Perekrutan calon sekda ini dibuka mulai tanggal 12 November dan ditutup tanggal 3 Desember 2018. Sementara hasil akhir dari proses seleksi calon sekda nanti pada 20 Desember 2018," urainya.

Hingga saat ini dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan terdapat 4 calon sekda dari jumlah pendaftar 5 orang. Dari 4 orang tersebut, besok rencana akan dilakukan seleksi lanjutan oleh panitia seleksi hingga pada akhirnya tersisa 3 orang. "Nah 3 orang calon sekda nanti akan kami sampaikan pada Bupati," jelasnya.

"Dari pihak kita tidak akan turut campur dalam proses seleksi nanti, sebab hal itu merupakan kewenangan penuh dari pihak pansel maupun Unair. Jadi nanti kami hanya menerima saja hasilnya dari Unair. Untuk selanjutnya kita serahkan pada Bupati hingga di teruskan ke Mendagri," tegasnya.

Adapun 4 pejabat yang mengikuti lelang jabatan sekda kali ini adalah Joko Irianto selaku kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Agus Yahya kepala Badan Keuangan Daerah, Mulya Handoko Plt DPMPTSP, serta Catur Prasetyo Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Trenggalek. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO