Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban Resmikan Perpus Umum di Kecamatan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban Resmikan Perpus Umum di Kecamatan Staf Ahli Bupati Tuban, Paraith saat menggunting pita bunga didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban mengembangkan layanan dengan membangun perpus umum di tingkat kecamatan. Kamis (6/12), perpus yang bertempat di Kecamatan Senori itu diresmikan.

Peresmian ini dihadiri Paraith selaku Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Joko Prijono, Forkopimka, UPTD, UPT, Kepala Sekolah Formal, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Paraith mengatakan bahwa mencerdaskan masyarakat melalui informasi dan literasi buku merupakan kewajiban pemerintah daerah. Karena itu, ia mengapresiasi terobosan yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sejalan dikatakan Paraith, Joko Prijono mengungkapkan bahwa adanya perpus tersebut diharapkan mampu meningkatkan SDM dan semangat penguatan literasi buku di daerah. Ia menargetkan nantinya di tiap kecamatan ada perpustakaan. Sementara hingga bulan Desember 2018, sudah terdapat 12 perpus umum se-kabupaten Tuban.

Sementara Camat Senori, Braddy Arianto Muntohir, berharap ke depannya literatur-literatur buku juga memperhatikan nilai kearifan lokal masyarakat. "Misalnya sesuai minat baca kalangan santri, seperti kajian buku-buku klasik keagamaan dan kitab kitab kuning," katanya. "Syukur syukur banyaknya koleksi dan referensi buku akan menjadikan rujukan Islamic Center," imbuhnya.

Adapun di ruang perpustakaan umum yang diresmikan ini terdapat 2.000 eksemplar buku bacaan yang telah disediakan antara lain agama, pengetahuan umum, kesehatan, keterampilan, buku anak sekolah formal, sampai koran dan majalah.

"Masyarakat dapat berkunjung membaca dan meminjam buku di setiap hari kerja Senin - Jumat pada pukul 08.00 -15.30 WIB dan di hari Sabtu pukul 08.00 - 12.30 WIB," tambah pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Khusnul Hadi. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO