Selasa, 11 Desember 2018 04:05

Ketua DK3P Pasuruan Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi Ancak

Kamis, 29 November 2018 22:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Ketua DK3P Pasuruan Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi Ancak
Ki Bagong bersama Kades Seno dan tokoh masyarakat sekitar.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Peringatan Maulud Nabi du Kabupaten Pasuruan identik dengan tradisi ancak atau gunungan. Seperti tradisi Ancak yang digelar di Desa Manaruwi, Bangil, Pasuruan.

Acara tersebut dihadiri Ketua Dewan Kebudayaan dan Kesenian Kab. Pasuruan (DK3P), Ki Bagong Sinukarto. Dalam sambutannya, ia mengajak masyarakat untuk melestarikan tradisi ancak. Sebab menurutnya, tradisi budaya seperti ancak, gunungan, tumpengan, dan kebudayaan tradisional lainnya hampir punah.

"Kalau bukan kita bersama siapa lagi? Makanya kita menyadarkan warga supaya tetap semangat melestarikan tradisi seperti itu," tandas Ki Bagong kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di Desa Manaruwi, Bangil, Pasuruan (29/11).

Ki Bagong menjelaskan bahwa tradisi-tradisi seperti gunungan mempunyai makna luar biasa. "Dengan diadakan tradisi seperti itu, warga menunjukan bahwa di situ terdapat arti pentingnya tali persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan. Maka dari itu, budaya nenek moyang tersebut patut dikembangkan minimal dipertahankan," pesannya.

Pantauan di lapangan, ada ribuan warga Manaruwi yang berbondong-bondong ikut berebut tumpeng yang berisi buah, dan berbagai sembako lainnya.

Tidak ketinggalan pula, Kades Suseno Ali juga ikut berpartisipasi bersama warganya. "Saya gak tahu kalau ada acara gini mas, ini kesadaran warga ku sendiri," tutur Suseno. (afa/rev)

Jumat, 07 Desember 2018 13:40 WIB
Oleh: Muchammad Toha*Terlalu pagi saya mendarat di Bandara Hang Nadim, karena untuk sampai di Batam tanpa transit di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta dapatnya pesawat pagi. Maka, cukup alasan hotel untuk tidak memberikan kamar pada saya. Bah...
Senin, 03 Desember 2018 14:30 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba wak...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...