Berniat Membantu Pengobatan Pasien Gangguan Jiwa, Caleg PKB Nyaris Kena Tikam Pisau

Berniat Membantu Pengobatan Pasien Gangguan Jiwa, Caleg PKB Nyaris Kena Tikam Pisau Pasien saat diamankan oleh petugas medis. foto: SOFFAN/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Calon anggota DPRD Kabupaten Dapil 3, Pitung Hariono, S.E, nyaris kena tikam pisau yang dibawa pasien penderita gangguan jiwa yang mengamuk. Peristiwa itu terjadi saat dirinya akan melakukan pemeriksaan bersama tim Pelatihan Perawatan Masalah Kesehatan Jiwa (PPMKJ) Provinsi Jawa Timur ke salah satu warganya yang menderita penyakit gangguan jiwa, Kamis (29/11). Beruntung korban berhasil selamat dan hanya menderita luka lecet di siku sebelah kiri akibat bergulat di jalan aspal.

Kejadian tersebut berlangsung pukul 10.00 WIB tepat di depan rumah pasien Jalan Raya Sambiroto, RT 5 RW 2, Dusun/Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten . Berawal ketika petugas medis dari Provinsi Jawa Timur yang akan menggelar kegiatan pelatihan tentang penanganan pasien penyakit ganguan jiwa.

“Hari ini kebetulan kita mau berkunjung dan mau melakukan perawatan. Sesuai dengan namanya, orang mau pelatihan ya langsung kita praktekan di lapangan dengan cara mengujungi pasien Mas’ud di rumahnya,” kata Nur Aini, salah seorang Petugas Pelatihan Perawatan Masalah Kesehatan Jiwa.

Awalnya pasien sudah merespons baik saat petugas datang. Bahkan sesekali menjawab pertanyaan yang diajukan oleh tim medis. Namun saat Bapak Sulaiman (Kepala Dusun setempat) datang dan memanggil pasien dari depan rumah dengan nada keras, wajah pasien langsung mendadak berubah dan matanya melotot (terlihat marah). “Kemudian kami minta kepada Pak Polo (kepala dusun, red) untuk keluar dari rumah dan menjauh dari pasien,” terangnya.

Selanjutnya pasien kembali ditenangkan oleh Anang, tetangga pasien, dan membujuk agar ia mau mandi. Namun setelah berhasil mendekati pasien, kembali ia memberontak dan berhasil membanting tetangganya tersebut.

Usai lolos, pasien kemudian menuju ke dapur dan mengambil sebuah pisau. Melihat pasien membawa pisau, tim medis bersama perangkat langsung melarikan diri keluar rumah. Secara kebetulan Pitung Hariono yang juga mantan Kepala Desa Sambiroto ini datang ke lokasi dan langsung dikejar oleh pasien.

Dalam kejadian ini, pasien sempat melakukan penyerangan hingga bergulat dengan calon legislatif ini. Beruntung saat akan menikam, bapak korban berhasil memukul tangan pasien dengan menggunakan balok kayu hingga pisau tersebut terlepas. Selanjutnya melihat kesempatan tersebut, pihak keluarga pasien langsung mengamankan pasien ke dalam rumah.

Menurut dari riwayat pasien, diketahui ia pernah pergi dari rumah selama 4 tahun dan kembali ke rumah. Dari informasi yang di dapat, pasien ini sempat merantau ke wilayah Gunung Kidul Yogyakarta dan setelah pulang, pasien sering mengamuk.

Dari penanganan tim medis di lokasi, dengan kondisi terikat oleh petugas pasien langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa lawang, Kabupaten Malang dengan menggunakan mobil ambulans Pukesmas Sooko. (sof/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO