Gambling Jabatan Sekda Gresik di Penghujung Pemerintahan Sambari

Gambling Jabatan Sekda Gresik di Penghujung Pemerintahan Sambari M. Syuhud Almanfaluty.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Panitia seleksi (Pansel) lelang sekda Gresik telah mengumumkan tiga nama kandidat yang memperoleh nilai tertinggi dalam assessment center. Nama-nama itu telah diserahkan ke tim seleksi (Timsel) yang diketuai Penjabat (Pj) M. Nadlif.

Berdasarkan urut abjad, mereka yang lolos tiga besar adalah Kepala Dispol PP Abu Hasan, Kepala BPPKAD Andhy Hendro Wijaya, dan Kepala Pelaksana BPBD Tarso. Selanjutnya, tugas Timsel adalah menyodorkan tiga nama tersebut kepada Bupati Sambari Halim Radianto untuk dipilih salah satunya menjadi sekda.

Dari tiga kandidat sekda yang masuk tiga besar, dilihat dari sisi umur dan masa pensiun, ketiganya rata-rata masih akan menjalani masa pensiun 5 tahun ke atas. Abu Hasan masih 9 tahun lagi menjalani masa pensiun. Andhy Hendro Wijaya masih 15 tahun lagi pensiun. Dan, Tarso masih kurang 5 tahun lagi memasuki masa pensiun.

Nah, di sinilah ujian akan mulai menghantui tiga kandidat sekda. Siapa pun dari ketiganya yang akan dipilih oleh Bupati Sambari menjadi sekda, mereka harus siap gambling (mempertaruhkan) jabatan sekda setelah Bupati Sambari. Mengapa? Sebab, masa jabatan Bupati Sambari tidak lebih dari 2,3 tahun lagi. Sambari akan mengakhiri jabatannya sebagai Bupati per 16 Februari 2021, mendatang. Dengan begitu, siapa pun yang terpilih menjadi sekda, maka ia harus siap dipakai atau tidak oleh bupati terpilih hasil pemilihan bupati (Pilbup) serentak 2020, mendatang.

Kalau sekda yang dipilih Bupati Sambari nantinya tak dipakai lagi oleh bupati selanjutnya, maka yang bersangkutan harus siap-siap hijrah ke provinsi.

Mengapa demikian? Sebab, jabatan sekda Gresik merujuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2017 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah eselon II A dengan golongan terendah IV C dan tertinggi IV D. Artinya apa? Sekda merupakan jabatan puncak karir tertinggi di lingkup Pemkab Gresik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO