Pipa Utama Bocor, Puluhan Ribu Pelanggan Terdampak, PDAM Surabaya Minta Maaf

Pipa Utama Bocor, Puluhan Ribu Pelanggan Terdampak, PDAM Surabaya Minta Maaf Ilustrasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Puluhan ribu pelanggan PDAM Surbaya, Surya Sembada bakal terdampak. Suplai air akan mengecil hingga mati total. Hal itu karena pipa utama PDAM di jalan Ngagel Tirto, dekat perlintasan KA arah IPAM Ngagel, Surabaya bocor, Jumat (23/11).

"Benar ada pipa utama di Ngagel yang bocor. Saat ini masih dalam proses perbaikan," kata Dirut PDAM Surabaya Mujiaman dalam keterangannya, Jumat (23/11).

Demi mempercepat proses perbaikan pipa yang bocor, Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) di Ngagel 1 dimatikan untuk sementara waktu. Akibat dimatikannya IPAM ini, distribusi air ke pelanggan akan terganggu mulai mengecil hingga mati.

Daerah yang terdampak diperkirakan meliputi kawasan Ketintang, Gayungsari, Wonokromo, Sidosermo, Bendulmerisi, Ngagel, Pucang, Gubeng Kertajaya, Airlangga, Dharmawangsa, Karangmenjangan, Kalidami, Jolotundo, Gresikan, Ploso, Rangkah, Putro Agung, Kenjeran, Karangmenjangan, Ketintang, Ngagel, Bratang, Bendul Merisi, Jemursari, Kusuma Bangsa, Barata Jaya, Nias, Jagir Wonokromo dan sekitarnya.

“Direksi dan Manajemen menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak. Semoga kebocoran segera ditemukan dan perbaikan kebocoran tidak ada kendala sehingga petugas kami bisa secepatnya menyelesaikan kebocoran tersebut,” ujar dia.

Mujiaman belum bisa memperkirakan kapan perbaikan akan selesai dan distribusi air kembli normal. Namun tim PDAM akan bekerja secepatnya untuk menyelesaikan. "Masih proses perbaikan pipa yang bocor. Jadi pompa yang mensuplai melalui pipa tersebut sudah dimatikan sementara. Digali, dipotong, dan langsung disambung lagi," kata dia.

Dia menjelaskan, pipa utama PDAM yang bocor berukruan 600 mm atau setara dengan 400 lps. "Atau setara kira-kira 40.000 pelanggan yang terdampak akibat pipa bocor ini," katanya.

Bantuan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Surabaya saat ini sudah bekerja secara maksimal, sehingga persoalan pipa bocor ini segera bisa diatasi.

Hal sama juga dikatakan Humas PDAM Surabaya Agus. "Dengan adanya bantuan dari rekan-rekan Pemkot, perbaikan tidak menemui kendala," ujarnya. Dia berjanji petugas akan bekerja keras siang malam untuk menyelesaikan kerusakan. (yul/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO