Kamis, 21 Februari 2019 11:56

Peralihan Cuaca, Harga Sayuran di Jombang Naik

Kamis, 22 November 2018 17:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Peralihan Cuaca, Harga Sayuran di Jombang Naik
Suasana Pasar Pon, Jombang. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peralihan musim dari kemarau ke penghujan seperti saat ini berdampak pada harga jual komoditas sayuran di pasar tradisional Jombang.

Seperti pantauan BANGSAONLINE.com di Pasar Pon Jombang, Kamis (22/11) pagi. Harga sayuran yang berkarakter tidak tahan perubahan cuaca seperti kubis, wortel, mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Sayuran wortel, kubis ini cepat busuk. Harganya juga naik sejak seminggu terakhir,” kata Hariyanto, salah satu pedagang sayur di Pasar Pon Jombang saat diwawancara wartawan, Rabu (21/11).

Saat ini, lanjut Hariyanto, harga wortel mencapai Rp 12 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga kubis pada kisaran Rp 7 ribu per kilogramnya.

“Harga sebelumnya wortel Rp 7 ribu per kilogramnya. Kalau kubis Rp 5 ribu per kilogramnya. Begitu juga buncis naik dari Rp 8 ribu menjadi Rp 13 ribu per kilogramnya,” papar pria yang akrab disapa Hari Sayur tersebut.

Lalu bagaimana harga lombok saat ini di pasaran? Hari mengaku untuk komoditas lombok cenderung stabil pada kisaran harga Rp 20 ribu per kilogramnya. “Harga stabil karena terbantu ada lombok kering impor yang harganya sekitar Rp 45 ribu per kilogramnya,” urai Hari Sayur.

Masih menurut Hari, adanya kenaikan pada beberapa komoditas sayur, ditambah lagi kondisi sayur yang cepat membusuk, turut mempengaruhi jumlah penjualan harian di lapak miliknya.

“Biasanya wortel bisa habis 60 kilogram per hari. Saat ini ya menurun sekitar 50 kilogram per hari. Ini memang sudah biasa terjadi ketika awal-awal hujan,” pungkas Hari. (ony/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...