Minggu, 21 April 2019 02:17

Peralihan Cuaca, Harga Sayuran di Jombang Naik

Kamis, 22 November 2018 17:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Peralihan Cuaca, Harga Sayuran di Jombang Naik
Suasana Pasar Pon, Jombang. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peralihan musim dari kemarau ke penghujan seperti saat ini berdampak pada harga jual komoditas sayuran di pasar tradisional Jombang.

Seperti pantauan BANGSAONLINE.com di Pasar Pon Jombang, Kamis (22/11) pagi. Harga sayuran yang berkarakter tidak tahan perubahan cuaca seperti kubis, wortel, mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Sayuran wortel, kubis ini cepat busuk. Harganya juga naik sejak seminggu terakhir,” kata Hariyanto, salah satu pedagang sayur di Pasar Pon Jombang saat diwawancara wartawan, Rabu (21/11).

Saat ini, lanjut Hariyanto, harga wortel mencapai Rp 12 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga kubis pada kisaran Rp 7 ribu per kilogramnya.

“Harga sebelumnya wortel Rp 7 ribu per kilogramnya. Kalau kubis Rp 5 ribu per kilogramnya. Begitu juga buncis naik dari Rp 8 ribu menjadi Rp 13 ribu per kilogramnya,” papar pria yang akrab disapa Hari Sayur tersebut.

Lalu bagaimana harga lombok saat ini di pasaran? Hari mengaku untuk komoditas lombok cenderung stabil pada kisaran harga Rp 20 ribu per kilogramnya. “Harga stabil karena terbantu ada lombok kering impor yang harganya sekitar Rp 45 ribu per kilogramnya,” urai Hari Sayur.

Masih menurut Hari, adanya kenaikan pada beberapa komoditas sayur, ditambah lagi kondisi sayur yang cepat membusuk, turut mempengaruhi jumlah penjualan harian di lapak miliknya.

“Biasanya wortel bisa habis 60 kilogram per hari. Saat ini ya menurun sekitar 50 kilogram per hari. Ini memang sudah biasa terjadi ketika awal-awal hujan,” pungkas Hari. (ony/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...