Senin, 19 Agustus 2019 07:30

Peralihan Cuaca, Harga Sayuran di Jombang Naik

Kamis, 22 November 2018 17:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Peralihan Cuaca, Harga Sayuran di Jombang Naik
Suasana Pasar Pon, Jombang. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peralihan musim dari kemarau ke penghujan seperti saat ini berdampak pada harga jual komoditas sayuran di pasar tradisional Jombang.

Seperti pantauan BANGSAONLINE.com di Pasar Pon Jombang, Kamis (22/11) pagi. Harga sayuran yang berkarakter tidak tahan perubahan cuaca seperti kubis, wortel, mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Sayuran wortel, kubis ini cepat busuk. Harganya juga naik sejak seminggu terakhir,” kata Hariyanto, salah satu pedagang sayur di Pasar Pon Jombang saat diwawancara wartawan, Rabu (21/11).

Saat ini, lanjut Hariyanto, harga wortel mencapai Rp 12 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga kubis pada kisaran Rp 7 ribu per kilogramnya.

“Harga sebelumnya wortel Rp 7 ribu per kilogramnya. Kalau kubis Rp 5 ribu per kilogramnya. Begitu juga buncis naik dari Rp 8 ribu menjadi Rp 13 ribu per kilogramnya,” papar pria yang akrab disapa Hari Sayur tersebut.

Lalu bagaimana harga lombok saat ini di pasaran? Hari mengaku untuk komoditas lombok cenderung stabil pada kisaran harga Rp 20 ribu per kilogramnya. “Harga stabil karena terbantu ada lombok kering impor yang harganya sekitar Rp 45 ribu per kilogramnya,” urai Hari Sayur.

Masih menurut Hari, adanya kenaikan pada beberapa komoditas sayur, ditambah lagi kondisi sayur yang cepat membusuk, turut mempengaruhi jumlah penjualan harian di lapak miliknya.

“Biasanya wortel bisa habis 60 kilogram per hari. Saat ini ya menurun sekitar 50 kilogram per hari. Ini memang sudah biasa terjadi ketika awal-awal hujan,” pungkas Hari. (ony/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...