Sabtu, 31 Juli 2021 03:39

Seniman Lokal Hingga Mancanegara Ramaikan Pagelaran Panji Mbulan

Minggu, 18 November 2018 16:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Seniman Lokal Hingga Mancanegara Ramaikan Pagelaran Panji Mbulan
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat mencoba jajanan khas di Pagelaran Panji Mbulan.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Suasana kawasan Goa Selomangleng hari ini tidak seperti biasanya. Salah satu destinasi wisata di Kota Kediri ini didatangi seniman dari berbagai daerah seperti Blitar, Ngawi, Trenggalek, Solo, bahkan sampai dari luar negeri seperti Jerman, Meksiko, Cina, dan Brazil.

Para seniman tersebut sengaja datang ke Kota Kediri untuk turut meramaikan pagelaran seni dan budaya yang bertajuk "Panji Mbulan" yang diselenggarakan oleh Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Minggu (18/11).

Saat membuka pagelaran seni budaya Panji Mbulan, Nur Muhyar Kepala Disbudparpora Kota Kediri mengatakan bahwa pagelaran seni budaya ini digelar dalam rangka melestarikan sejarah dan meningkatkan kunjungan wisata.

"Kota Kediri sudah mereposisikan diri sebagai kota jasa, karena menyadari Kota Kediri tidak memiliki destinasi wisata alam. Untuk itu, komitmen pemerintah Kota Kediri menyelenggarakan acara ini sebagai destinasi wisata. Insya Alloh kami komitemen untuk menggelar pagelaran ini semakin menarik sehingga lebih bisa kita nikmati bahkan menggerakkan masyarakat luar Kota untuk datang di Kota Kediri," urainya.

BACA JUGA : 

Masih Pandemi, Ritualan 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kembali Ditiadakan

Hari Jadi Kota Kediri ke-1142 Digelar Secara Virtual, Sandiaga Uno Beri Kado Istimewa

Sandiaga Uno Apesiasi Industri Kreatif dan Potensi Wisata Kota Kediri

Peringati Bulan Bung Karno, Pemkab Kediri Gelar Seni Budaya Pemersatu Bangsa

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang datang dan menyaksikan secara langsung acara tersebut saat ditemui mengatakan bahwa ke depan akan membuat pagelaran seni semakin menarik dan membuat acaranya jauh lebih besar. "Kota Kediri memang tidak ada destinasi wisata yang cukup menarik untuk mendatangkan orang, sehingga rasanya kita perlu mengadakan acara by design seperti ini. Kita juga mengadakan event, mendatangkan UMKM agar masyarakat daerah lain tertarik untuk berkunjung ke Kota Kediri," jelasnya.

Wali Kota muda tersebut juga menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun pemerintah kota kediri selalu berinovasi, salah satunya dengan berkolaborasi dengan semakin banyak seniman baik lokal maupun mancanegara.

"Acara ini sudah empat kali diadakan dan kami juga selalu bekerja sama dengan beberapa seniman baik dari berbagai daerah maupun luar negeri, sehingga acaranya semakin mantab. Kita bisa mengekspos Goa Selomangleng dan menjadi tontonan, khususnya bagi masyarakat Kota Kediri dan alhamdulillah saya lihat juga banyak yang dari luar Kota Kediri," pungkasnya.

Sementara itu, Sinarto Kepala Disbudparpora Jawa Timur mengatakan bahwa Kota Kediri memiliki Goa Selomangleng yang patut untuk dieksplor dan memiliki sisi historis. "Kami dari Jawa Timur akan mencoba menyatu dengan Pak Wali yang memiliki strategi untuk mengeksplor potensi wisata di Kota Kediri. Panji sekarang menjadi pikiran besar di Indonesia. Jadi harus diungkap sejauh mana nilai budayanya. Kota Kediri ke depan punya masa depan juga bisa dijadikan sebagai art tourism, artinya di Kota Kediri inilah memungkinkan memiliki amenitas, aksesbilitas, dan atraksi kepariwisataan," pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Goa Selomangleng tersebut, mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat Kota Kediri. Ini terbukti dari banyaknya pengunjung yan menyaksikan pagelaran tersebut.

Nampak hadir dalam pagelaran panji mbulan Kepala Disbudparpora Jawa Timur, Sinarto. (rif/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...