2019, Pemkot Blitar Anggarkan 60 Miliar untuk Program Pendidikan Gratis

2019, Pemkot Blitar Anggarkan 60 Miliar untuk Program Pendidikan Gratis Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Anggaran sebesar Rp 60 miliar diusulkan dalam RAPBD 2019. Anggaran itu untuk program sekolah gratis, khususnya bagi biaya operasional siswa dan sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Dindin Alinurdin mengatakan, anggaran program sekolah gratis ini rutin dikucurkan setiap tahunya oleh . Namun setiap tahun nominalnya berbeda. Meski selisihnya tak terlalu banyak.

"Anggaran ini memang rutin setiap tahun. Jumlahnya setiap tahun berbeda. Namun untuk tahun 2019 nanti jumlahnya memang lebih kecil dibanding tahun 2017 dan 2018. Karena 2019 tidak ada pengadaan sepeda gratis. Selain itu beberapa tahun belakangan memang anggaranya dipangkas karena pengelolaan SMA/SMK sudah diambil alih provinsi," jelas Dindin Alinurdin, Rabu (14/11/2018).

Menurut dia, alokasi anggaran yang akan digelontorkan tahun depan digunakan untuk beberapa item kebutuhan siswa. Di antaranya untuk pembelian seragam siswa, perlengkapan sekolah, uang SPP, dan biaya operasional di sekolah.

Selain itu, anggaran tersebut juga termasuk untuk melanjutkan pembangunan gedung baru SMP Negeri 3 yang sempat terhenti tahun ini. Anggaran khusus untuk kelanjutan pembangunan SMP Negeri 3 tahap kedua sebesar Rp 23 miliar.

"60 miliar ini adalah total keseluruhan untuk pendidikan. Termasuk kelanjutan pembangunan SMP Negeri 3. Karena bagaimanapun SMP Negeri 3 itu juga bagian untuk mendukung program sekolah gratis di Kota Blitar," jelasnya.

selama ini memang menerapkan program sekolah gratis mulai TK, SD, dan SMP. Selain memberikan seragam gratis kepada seluruh siswa TK hingga SMP serta sepeda kepada siswa SMP, Pemkot juga menanggung semua biaya sekolah siswa. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO