Kamis, 17 Oktober 2019 23:37

​Kisah Fantatis El Chapo Kabur Lewat Terowongan, dari Penjara dengan Pengawasan Maksimal di Meksiko

Selasa, 13 November 2018 22:56 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​Kisah Fantatis El Chapo Kabur Lewat Terowongan, dari Penjara dengan Pengawasan Maksimal di Meksiko
Sungguh cerdas. motor jadi pendorong troli dengan roda pakai rel. foto: mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com – Kisah lolosnya Raja Kartel Narkoba Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, dari Penjara Altiplano Meksiko, amat menakjubkan. Editor Mirror AS Christopher Bucktin menjadi jurnalis pertama yang diizinkan masuk terowongan rahasia ‘El Chapo’ ini.

Mirror diberi tampilan eksklusif pertama di dalam terowongan rahasia Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, di mana ia kabur dengan troli yang sudah disiapkan rel, dengan pendorong mesin sepeda motor.

“Menjebol penjara ini adalah yang paling berani dalam sejarah,” kata Bucktin. “Penjara yang mengurung El Chapo adalah penjara yang paling ketat, dengan pengamanan maksimal. Rasanya, sangat sulit bagi siapa pun penjahatnya untuk lolos. Nyatanya, El Chapo berhasil lolos dari penjara ini. Meski dia hanya menghirup udara segar selama 6 bulan saja, sebelum dia ditangkap.”

Agaknya, El Chapo telah menyiapkan strategi kabur. Dia mempunyai tim insinyur pertambangan yang sangat terlatih yang mencari jalan, dari tempat pertanian, sebagai titik awal penggalian hingga menuju ke kamar El Chapo. Jaraknya lebih lebih dari satu mil (sekitar 1,6 Km) ke titik yang sama dengan kamar mandi bos mereka, di penjara Altiplano - 55 mil sebelah barat Mexico City.

Mereka memilih titik awal di sebuah area pertanian yang tidak ditinggali. Tim Insinyur ini menggali sebanyak lebih dari 3.250 ton tanah. Untuk mengangkutnya, dibutuhkan 379 truk.

Perencanaan terowongan itu sangat teliti - bahkan polisi bersenjata sekarang di kompleks itu mengaku selama ini tidak tahu bahwa di area pertanian itu ada penggalian terowongan.

(BACA JUGA: El Chapo, sang Legenda Hidup Raja Kartel Narkoba)

"Genio, genio," hanya itu yang bisa mereka katakan. Orang-orang itu, yang bekerja tanpa kenal lelah selama lebih dari setahun. Mereka membutuhkan blue print dan peta sambil merencanakan hal-hal seperti mengetahui di mana pintu masuk terowongan yang tersembunyi dari CCTV yang diyakini sebagai penjara paling ketat di Meksiko.

Pekerja dengan sangat hati-hati mengerjakan ‘proyek pembebasan bos’ ini. Banyak alat yang lolos dari pengawasan polisi. Tetapi, mereka cukup hati-hati dengan air minum. Mereka mengisi satu per satu botol untuk mengatasi dehidrasi dalam tanah, ketika mereka menggali.

Penggiling industri besar, alat bor, dan alat penggali masih tersebar di lantai. Mereka telah menyiapkan alat peredam kebisingan.

Tim insinyur yang menggali terowongan selama lebih dari satu tahun juga dibantu oleh operasi kendaraan tugas berat datang dan pergi untuk mengangkut material.

Setelah masuk dalam lorong kecil, bunker di bawah tanah agak lebar dengan berbagai peralatan. Mulai dari generator, pasokan oksigen, derek, dan alat pertambangan.

Lalu, turun lagi melalui tangga, mulailah penggalian mendatar. Terowongan sempit dan gelap menuju ke penjara Altiplano, sejauh 1 mil.

Hebatnya, Insinyur mempunyai konstruksi ketersediaan oksigen dan pencahayaan. Mereka bukan saja menggali terowongan, tetapi memasang rel untuk troli dengan pendorong sepeda motor. Di mana berfungsi sebagai pengangkut material tanah untuk dibuang.

Luar biasa.

Lokasi antara pertanian dan penjara.

.

Lubang untuk memasok oksigen ke terowongan.

.

Lokasi pertanian yang sudah tak terpakai.

.

Polisi melakukan penjagaan.

.

Dari lubang ini, material galian terowongan dikeluarkan dan di buang.

.

Konstruksinya rapi dan tak acak-acakan. Jalan masuk ke terowongan.

.

Terowongan sempit, dengan rel di bawah dan tabung oksigen dan kabel listrik di atas.

.

motor operasional untuk menuju ujung terowongan.

.

Troli untuk mengangkut material.

.

Bentuk troli.

.

Inilah ujung penggalian terowongan. Tepat di kamar mandi El Chapo, di dalam penjara. 

Sumber: mirror.co.uk
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...