Selasa, 11 Agustus 2020 17:09

​Kisah Fantatis El Chapo Kabur Lewat Terowongan, dari Penjara dengan Pengawasan Maksimal di Meksiko

Selasa, 13 November 2018 22:56 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​Kisah Fantatis El Chapo Kabur Lewat Terowongan, dari Penjara dengan Pengawasan Maksimal di Meksiko
Sungguh cerdas. motor jadi pendorong troli dengan roda pakai rel. foto: mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com – Kisah lolosnya Raja Kartel Narkoba Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, dari Penjara Altiplano Meksiko, amat menakjubkan. Editor Mirror AS Christopher Bucktin menjadi jurnalis pertama yang diizinkan masuk terowongan rahasia ‘El Chapo’ ini.

Mirror diberi tampilan eksklusif pertama di dalam terowongan rahasia Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, di mana ia kabur dengan troli yang sudah disiapkan rel, dengan pendorong mesin sepeda motor.

“Menjebol penjara ini adalah yang paling berani dalam sejarah,” kata Bucktin. “Penjara yang mengurung El Chapo adalah penjara yang paling ketat, dengan pengamanan maksimal. Rasanya, sangat sulit bagi siapa pun penjahatnya untuk lolos. Nyatanya, El Chapo berhasil lolos dari penjara ini. Meski dia hanya menghirup udara segar selama 6 bulan saja, sebelum dia ditangkap.”

Agaknya, El Chapo telah menyiapkan strategi kabur. Dia mempunyai tim insinyur pertambangan yang sangat terlatih yang mencari jalan, dari tempat pertanian, sebagai titik awal penggalian hingga menuju ke kamar El Chapo. Jaraknya lebih lebih dari satu mil (sekitar 1,6 Km) ke titik yang sama dengan kamar mandi bos mereka, di penjara Altiplano - 55 mil sebelah barat Mexico City.

Mereka memilih titik awal di sebuah area pertanian yang tidak ditinggali. Tim Insinyur ini menggali sebanyak lebih dari 3.250 ton tanah. Untuk mengangkutnya, dibutuhkan 379 truk.

Perencanaan terowongan itu sangat teliti - bahkan polisi bersenjata sekarang di kompleks itu mengaku selama ini tidak tahu bahwa di area pertanian itu ada penggalian terowongan.

(BACA JUGA: El Chapo, sang Legenda Hidup Raja Kartel Narkoba)

"Genio, genio," hanya itu yang bisa mereka katakan. Orang-orang itu, yang bekerja tanpa kenal lelah selama lebih dari setahun. Mereka membutuhkan blue print dan peta sambil merencanakan hal-hal seperti mengetahui di mana pintu masuk terowongan yang tersembunyi dari CCTV yang diyakini sebagai penjara paling ketat di Meksiko.

Pekerja dengan sangat hati-hati mengerjakan ‘proyek pembebasan bos’ ini. Banyak alat yang lolos dari pengawasan polisi. Tetapi, mereka cukup hati-hati dengan air minum. Mereka mengisi satu per satu botol untuk mengatasi dehidrasi dalam tanah, ketika mereka menggali.

Penggiling industri besar, alat bor, dan alat penggali masih tersebar di lantai. Mereka telah menyiapkan alat peredam kebisingan.

Tim insinyur yang menggali terowongan selama lebih dari satu tahun juga dibantu oleh operasi kendaraan tugas berat datang dan pergi untuk mengangkut material.

Setelah masuk dalam lorong kecil, bunker di bawah tanah agak lebar dengan berbagai peralatan. Mulai dari generator, pasokan oksigen, derek, dan alat pertambangan.

Lalu, turun lagi melalui tangga, mulailah penggalian mendatar. Terowongan sempit dan gelap menuju ke penjara Altiplano, sejauh 1 mil.

Hebatnya, Insinyur mempunyai konstruksi ketersediaan oksigen dan pencahayaan. Mereka bukan saja menggali terowongan, tetapi memasang rel untuk troli dengan pendorong sepeda motor. Di mana berfungsi sebagai pengangkut material tanah untuk dibuang.

Luar biasa.

Lokasi antara pertanian dan penjara.

.

Lubang untuk memasok oksigen ke terowongan.

.

Lokasi pertanian yang sudah tak terpakai.

.

Polisi melakukan penjagaan.

.

Dari lubang ini, material galian terowongan dikeluarkan dan di buang.

.

Konstruksinya rapi dan tak acak-acakan. Jalan masuk ke terowongan.

.

Terowongan sempit, dengan rel di bawah dan tabung oksigen dan kabel listrik di atas.

.

motor operasional untuk menuju ujung terowongan.

.

Troli untuk mengangkut material.

.

Bentuk troli.

.

Inilah ujung penggalian terowongan. Tepat di kamar mandi El Chapo, di dalam penjara. 

Sumber: mirror.co.uk
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...