Ratapan Pedagang di Bahu Jalan Pasar Kota Bojonegoro Seusai Direlokasi

Ratapan Pedagang di Bahu Jalan Pasar Kota Bojonegoro Seusai Direlokasi Suasana Pasar Kota Bojonegoro pasca direlokasi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kamis malam (8/11/18), merupakan hari ketiga relokasi ratusan pedagang yang berjualan di badan jalan Timur Pasar Besar Kota , Jawa Timur.

Pemerintah Kabupaten setempat telah memindahkan ratusan pedagang yang semula berjualan di sepanjang badan jalan ke dalam pasar, Selasa sore kemarin (6/11/18).

Pasca dipindahkan, suasa di luar pasar sedikit sepi ketimbang malam-malam sebelumnya. Sebab, jika sebelumnya ada sekitar 300-an lebih para pedagang yang berjejer membuka lapaknya, kini dipindahkan ke dalam pasar yang semula digunakan untuk tempat parkir sepeda motor.

Mereka yang dipindahkan adalah para pedagang sayuran, ikan, dan aneka bumbu dapur. Sehari-hari mereka berjualan di sepanjang jalan Mastumapel yang lebarnya kurang lebih delapan meter.

Kondisi itu disebut pasar tumpah. Pedagang dan pembeli setiap hari 'tunggang langgang'. Namun situasi tetap kondusif. Selain itu, jalan tersebut masih tetap lancar, meski sedikit merayap warga yang melintas.

Pasar tumpah itu oleh warga bahkan dijadikan sebagai obyek wisata belanja setiap malamnya. Mulai pukul 17.00 WIB, ratusan pedagang sudah membuka lapaknya dan diserbu para pembeli, yang mayoritas ibu-ibu.

Menginjak malam pasar semakin ramai, hingga para pedagang tutup pada pukul 07.00 WIB pagi. Sementara siang hingga sore, bahu kanan-kiri jalan digunakan parkir.

Namun pada Selasa (6/11) kemarin, ratusan pedagang itu direlokasi oleh Pemkab ke dalam pasar. Kebijakan yang dilakukan Bupati baru , Anna Muawwanah sempat mendapat 'perlawanan' dari para pedagang.

Namun, ratusan pedagang itu harus pasrah. Puluhan Satpol PP dan Dinas Perhubungan turun tangan untuk menertibkan mereka. Dengan rasa kecewa, para pedagang harus menempati lapak baru di dalam kompleks pasar.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO