Awal Musim Penghujan, Harga Sayuran Melejit

Awal Musim Penghujan, Harga Sayuran Melejit Ketua Paguyuban Pasar Minulyo Sutrisno.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Awal musim penghujan harga sejumlah komoditas sayur-sayuran kembali melejit. Khususnya wortel, kubis, dan kacang kapri, belakangan menunjukkan tren kenaikan sangat signifikan. Selain itu, harga cabe juga mengalami fluktuatif.

Ketua Paguyuban Pasar Minulyo Sutrisno mengatakan, untuk harga wortel saat ini bisa tembus di kisaran Rp 15 ribu per kilogram (kg). Demikian pula dengan kubis, yang sekarang ini masih bertengger di kisaran Rp 12 ribu per kg dan harga kacang kapri, sudah mencapai Rp 40 ribu per kg.

"Harga tersebut masih belum stabil. Kadang naik tinggi, kadang juga jatuh. Kondisi ini yang membuat pedagang pusing tujuh keliling. Sebab barang belum habis, namun harga berubah-ubah. Adakalanya juga busuk lantaran belum habis terjual," tuturnya, Kamis (8/11).

Selain itu, untuk cabai merah keriting yang semula sempat menyentuh Rp 30 ribu per kg, saat ini turun di kisaran Rp 20 ribu per kg. Sedangkan cabai merah besar juga mengalami hal yang sama.

"Untuk harga cabai rawit saat ini masih bertahan di kisaran Rp 26 ribu per kg. Pedagang sangat kesulitan. Sebab, naik turunnya harga hanya dalam hitungan jam. Semua bergantung pasokan dari Tawangmangu. Mungkin ini juga sinyalemen persaingan antar pemasok dari Tulungagung," jlentrehnya.

Sementara itu, untuk harga buah-buahan, khususnya mangga sekarang ini lagi terpuruk. Pantauan di lapangan, sekarang ini harga buah mangga hanya mencapai Rp 2.000 per kg. "Pokoknya pedagang sangat kesulitan dengan keadaan seperti ini," keluhnya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO