Selasa, 25 Juni 2019 21:54

Mengenang Jasa Pahlawan dengan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman

Rabu, 07 November 2018 14:13 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Mengenang Jasa Pahlawan dengan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman
Suasana kegiatan napak tilas di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONJLINE.com - Beragam kegiatan dilakukan masyarakat serta sebuah komunitas di Pacitan guna mengenang jasa para pahlawan. Salah satunya napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman, ketika berjuang di bumi Pacitan kala itu.

Kegiatan yang melibatkan sekitar 300 orang lebih tersebut dinahkodai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Cabang Pacitan dan mengambil start dari Monumen Pangsar Jenderal Soedirman, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan.

Selain melakukan napak tilas, pada kesempatan tersebut juga diselingi serah terima replika tandu Panglina Besar Jenderal Soedirman.

"Sebagai generasi penerus hendaklah selalu mengenang nilai-nilai perjuangan Panglima Besar Jendral Soedirman. Karena itu, hari ini kita laksanakan kegiatan napak tilas," ujar Sekkab Pacitan, Suko Wiyono, selaku Inspektur Upacara Pemberangkatan peserta napak tilas, Rabu (7/11).

Selain itu, Suko juga berpesan kepada generasi penerus bangsa agar selalu menjaga tradisi yang telah diwariskan Pangsar Jenderal Soedirman. "Bangsa ini akan semakin besar dan disegani," tegasnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono, dan segenap kepala OPD terkait lingkup Pemkab Pacitan. (yun/dur)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...