Sabtu, 07 Desember 2019 13:11

Pertamina Lepas Empat Ekor Rusa Timor Hasil Tangkaran

Selasa, 06 November 2018 12:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Soffan Soffa
Pertamina Lepas Empat Ekor Rusa Timor Hasil Tangkaran

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu melepas-liarkan 4 (empat) ekor Rusa Timor (Cervus timorensis) di UPT Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Wanawisata Watu Lumpang, Mojokerto, Senin (5/9) kemarin.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan merupakan sebagai exit strategy CSR keanekaragaman hayati PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu yang diprakarsai sejak tahun 2013.

M. Ibnu Wardhana, Asset 4 Legal & Relations mengatakan, rusa yang dilepas ini merupakan hasil penangkaran Perum Perhutani KPH Parengan. “Mulanya hanya 11 ekor rusa, kini sudah mencapai 45 ekor di BKPH Malo. Setelah kami berhasil mengembangkan jumlah rusa, maka di tahun ini kami melepas sebanyak 10% dari populasi yang ada,“ kata Ibnu.

Seperti diketahui, Rusa Timor adalah termasuk jenis satwa yang dilindungi menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Sebagai salah satu unit penangkaran rusa timor di wilayah BKSDA Jawa Timur, KPH Parengan mendukung kegiatan pelepasliaran satwa hasil penangkaran ke habitat alaminya.

Dewi J. Putriani, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur mengatakan, tujuan pelepasliaran rusa timor adalah sebagai salah satu strategi dalam upaya meningkatkan populasi rusa timor di habitat alaminya. “Kita perlu menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia dan program ini dapat dijadikan contoh sinergitas peran dan keterlibatan multi pihak mulai dari pemerintah, BUMN, civitas akademika dan masyarakat dalam mendukung upaya pengawetan spesies tumbuhan dan satwa,” tegasnya.

Sementara itu terpisah, Nandang Prihadi, Kepala Balai Besar KSDA Jatim mengatakan, alam ini tidak membutuhkan kita, tapi justru kita yang membutuhkan alam. Untuk itu kesamaan persepsi dan kerjasama dari para pihak dalam pelestarian populasi satwa dari kepunahan sangat penting dalam menentukan upaya konservasi rusa timor di Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif, khususnya Pertamina EP yang dalam kegiatan pelepasliaran rusa timor ini ikut berkecimpung menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia," jelasnya.

Diinformasikan, pelaksanaan pelepasliaran rusa timor ini dilakukan sebanyak 2 tahap dengan jumlah rusa yang dilepasliarkan totalnya sebanyak 10 ekor yakni dari BKPH Malo, UPT Pengelolaan Wilayah Hutan Nganjuk, dan lembaga konservasi Taman Satwa Sengkaling Unmuh Malang. Pelapasan ini bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada tanggal 5 November.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Asset 4 Legal & Relations Manager M. Ibnu Wardhana mewakili Asset 4 General Manager Agus Amperianto dan stakeholder terkait Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Dewi J. Putriani, Kepala Balai Besar KSDA Jatim Nandang Prihadi, Kadis LH Mojokerto Zainul Arifin mewakili Bupati Mojokerto, Administratur Perum Perhutani KPH Parengan Badaruddin Amin, serta bekerja sama dengan UPT Taman Hutan Raya Raden Soerjo dan Yayasan Action Indonesia. (sof/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 07 Desember 2019 12:21 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong seluruh bupati/walikota serta pelaku industri pariwisata di Jatim untuk meningkatkan perhatian di sektor pariwisata agar Jatim menjadi tujuan utama wisata para w...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...