Ini Kriteria Wajib Sekdakab Gresik Versi Praktisi Hukum Fajar Yulianto

Ini Kriteria Wajib Sekdakab Gresik Versi Praktisi Hukum Fajar Yulianto Praktisi Hukum A. Fajar Yulianto, SH.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Lelang jabatan Sekda Kabupaten Gresik yang sedang berlangsung menarik perhatian praktisi hukum A. Fajar Yulianto, S.H. Kepada BANGSAONLINE.com, ia berharap figur terpilih menguasai sejumlah keahlian.

"Sekda harus mampu dan piawai melakukan lobi-lobi politik, mengingat tahun ini adalah moment politik. Hal tersebut jelas akan membawa dampak kondusivitas kinerja di birokrasi," ujar Fajar, Minggu (4/11/2018). 

"Makanya, kondusifnya kinerja birokrasi akan mampu menjaga hubungan sinergisitas baik dengan lembaga legislatif maupun yudikatif," papar Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Fajar Trilaksana ini.

Fajar menyarankan sejumlah kriteria yang bisa dijadikan literasi oleh Bupati Sambari dalam menentukan sekda. Kriteria tersebut, yakni calon harus punya program yang jelas, kompetensi yang mumpuni dan teruji, khususnya berpengalaman di bidang pengelolaan kesekretariatan daerah.

Selain itu, calon juga harus mumpuni dalam penggunaan anggaran, mampu dalam perencanaan pembangunan daerah, dan harus punya kemampuan mengkoordinir para pengguna anggaran pada setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah). 

"Mengapa harus menguasai anggaran keharusan? Karena sekda juga akan menjabat sebagai ketua Timang (tim anggaran)," jlentrehnya.

Tidak hanya itu, lanjut Fajar, sekda yang akan ditunjuk bupati harus memiliki rekam jejak yang baik. "Hal ini juga harus menjadi syarat yang tidak terpisahkan. Karena sekda nantinya yang mampu membawa pengelolaan Pemerintah Daerah lebih profesional dan terhindar dari jeratan lembaga Anti Rasuah (hukum)," terangnya.

Fajar menyarankan, siapapun sekda yang dihasilkan lelang dan dipilih oleh bupati tak perlu khawatir terhadap pihak berwajib, baik kepolisian, kejaksaan maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Mengapa harus takut penegak hukum? Jika memang kinerja Bupati selama ini bersih, semua akan berjalan lancar dan dijamin aman hingga dapat menjalani masa pensiun dengan nyaman dan tenang siapapun sekda yang dipilih," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO