Minggu, 26 Mei 2019 11:21

Warga Desa Latukan Gelar Festival Makan Buah Gratis, Wujud Syukur atas Hasil Panen Melimpah

Minggu, 21 Oktober 2018 20:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Warga Desa Latukan Gelar Festival Makan Buah Gratis, Wujud Syukur atas Hasil Panen Melimpah
Fadeli saat menghadiri Festival Latukan Pesta Buah.

LAMONGAN, BANGASONLINE.com - Musim kemarau tahun ini membawa berkah tersendiri bagi petani buah di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, Lamongan. Pasalnya saat ini petani mendapatkan hasil yang melimpah.

Sebagai ungkapan rasa syukur, petani setempat menggelar festival buah semangka, melon, garbis, hingga mengundang antusias ribuan masyarakat untuk menikmati buah segar di tempatnya.

Sedikitnya ada 8.000 ribu masyarakat yang hadir tumplek blek di Lapangan Desa Latukan, Minggu (21/10), sejak pagi hingga sore. Mereka begitu antusias untuk mengikuti syukuran panen buah.

Potensi alam yang dimiliki Desa Latukan memang melimpah dengan pola tanam semangka, melon, dan sunrisenya. Apalagi pada tahun ini produksinya melimpah. Meskipun tahun lalu sempat gagal panen, kini Desa Latukan yang terkenal dengan semangka, blewah, melon dan sunrisenya sukses.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita diberikan rahmat oleh Allah SWT bisa panen kembali setelah tahun lalau sempat gagal. Maka dari itu hari ini kita mengadakan syukuran supaya tahun-tahun berikutnya diberikan keberhasilan kembali," kata Kepala Desa Latukan M. Jiono di depan ribuan warga yang hadir.

Dalam festival kali ini, M. Jiono juga menjelaskan, pihaknya menyediakan 16 gunungan buah yang terdiri dari buah semangka, melon, blewah, dan sunrise untuk masyarakat yang datang secara gratis.

"Sejak pagi, kami menyambut masyarakat yang hadir untuk menikmati semangka. Paginya, kita awali dengan petik buah langsung di sawah, timbang, dan bayar. Kemudian kita lanjutkan dengan doa bersama dan makan gratis 16 gunungan buah yang kita sediakan," jelasnya.

Festival itu turut dihadir Bupati Lamongan, Fadeli. Ia mengapresiasi kerja keras perangkat desa dan masyarakat Desa Latukan atas penyelenggaraan kegiatan ini. Fadeli berharap kegiatan seperti ini berkesinambungan dan menjadi agenda rutin setiap tahun.

"BUMDes di Desa Latukan bisa menjadi p'ercontohan di tingkat Kabupaten Lamongan. Tingkatkan dan kembangkan. Selain itu, para pemuda harus tetap kerja-keras sebagai generasi penerus agar tidak ketinggalan dengan teknologi, khususnya teknologi informasi," pesannya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Latukan Pesta Buah ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Desa Latukan. Kegiatan ini diprakarsai para pemuda pemudi Desa Latukan dalam rangka mensyukuri hasil buah Desa Latukan agar dapat dirasakan oleh semua masyarakat dan ke depan dapat dijadikan destinasi wisata di Lamongan.

Meriahnya acara terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang dalam acara Festival Latukan Pesta Buah. Bahkan tidak hanya masyarakat Desa Latukan, warga yang datang juga ada yang dari Kab. Gresik, Bojonegoro, Jombang, hingga Tuban. (qom/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...