Senin, 18 Maret 2019 23:57

Warga Desa Latukan Gelar Festival Makan Buah Gratis, Wujud Syukur atas Hasil Panen Melimpah

Minggu, 21 Oktober 2018 20:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Warga Desa Latukan Gelar Festival Makan Buah Gratis, Wujud Syukur atas Hasil Panen Melimpah
Fadeli saat menghadiri Festival Latukan Pesta Buah.

LAMONGAN, BANGASONLINE.com - Musim kemarau tahun ini membawa berkah tersendiri bagi petani buah di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, Lamongan. Pasalnya saat ini petani mendapatkan hasil yang melimpah.

Sebagai ungkapan rasa syukur, petani setempat menggelar festival buah semangka, melon, garbis, hingga mengundang antusias ribuan masyarakat untuk menikmati buah segar di tempatnya.

Sedikitnya ada 8.000 ribu masyarakat yang hadir tumplek blek di Lapangan Desa Latukan, Minggu (21/10), sejak pagi hingga sore. Mereka begitu antusias untuk mengikuti syukuran panen buah.

Potensi alam yang dimiliki Desa Latukan memang melimpah dengan pola tanam semangka, melon, dan sunrisenya. Apalagi pada tahun ini produksinya melimpah. Meskipun tahun lalu sempat gagal panen, kini Desa Latukan yang terkenal dengan semangka, blewah, melon dan sunrisenya sukses.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita diberikan rahmat oleh Allah SWT bisa panen kembali setelah tahun lalau sempat gagal. Maka dari itu hari ini kita mengadakan syukuran supaya tahun-tahun berikutnya diberikan keberhasilan kembali," kata Kepala Desa Latukan M. Jiono di depan ribuan warga yang hadir.

Dalam festival kali ini, M. Jiono juga menjelaskan, pihaknya menyediakan 16 gunungan buah yang terdiri dari buah semangka, melon, blewah, dan sunrise untuk masyarakat yang datang secara gratis.

"Sejak pagi, kami menyambut masyarakat yang hadir untuk menikmati semangka. Paginya, kita awali dengan petik buah langsung di sawah, timbang, dan bayar. Kemudian kita lanjutkan dengan doa bersama dan makan gratis 16 gunungan buah yang kita sediakan," jelasnya.

Festival itu turut dihadir Bupati Lamongan, Fadeli. Ia mengapresiasi kerja keras perangkat desa dan masyarakat Desa Latukan atas penyelenggaraan kegiatan ini. Fadeli berharap kegiatan seperti ini berkesinambungan dan menjadi agenda rutin setiap tahun.

"BUMDes di Desa Latukan bisa menjadi p'ercontohan di tingkat Kabupaten Lamongan. Tingkatkan dan kembangkan. Selain itu, para pemuda harus tetap kerja-keras sebagai generasi penerus agar tidak ketinggalan dengan teknologi, khususnya teknologi informasi," pesannya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Latukan Pesta Buah ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Desa Latukan. Kegiatan ini diprakarsai para pemuda pemudi Desa Latukan dalam rangka mensyukuri hasil buah Desa Latukan agar dapat dirasakan oleh semua masyarakat dan ke depan dapat dijadikan destinasi wisata di Lamongan.

Meriahnya acara terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang dalam acara Festival Latukan Pesta Buah. Bahkan tidak hanya masyarakat Desa Latukan, warga yang datang juga ada yang dari Kab. Gresik, Bojonegoro, Jombang, hingga Tuban. (qom/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Maret 2019 10:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*HARI ini, 13 Maret 2019 ada agenda batas waktu Fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pendapatnya kepada Pimpinan Dewan berkenaan dengan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pro...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...