Hadiri TTG X di Bali, Wabup Pamerkan Karya SMAN dan SMKN Lumajang

Hadiri TTG X di Bali, Wabup Pamerkan Karya SMAN dan SMKN Lumajang Bunda Indah saat menghadiri kegiatan TTG XX di Bali.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - , Ir. Indah Amperawati, menghadiri pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, Temu Karya Nasional, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2018 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jum'at (19/10). 

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Gelaran itu, merupakan langkah strategi dalam penyebaran informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Temu Karya Nasional itu, sebagai wadah pemberian apresiasi dan penghargaan kepada juara lomba desa dan kelurahan. Sedangkan Pindeskel sebagai upaya strategi dalam penyebaran dan pemerataan informasi mengenai inovasi yang telah dilakukan di Desa/Kelurahan kepada masyarakat.

Dalam event tersebut, Kabupaten berkesempatan memamerkan TTG hasil karya siswa-siswi SMA Negeri Yosowilangun dan SMKN 1 . Wabup, Bunda Indah mengapresiasi hasil karya TTG pelajar tersebut, salah satunya alat pemotong buah-buahan untuk keripik. Menurutnya alat tersebut lebih efektif dan efisien dari pada yang manual.

"Saya sarankan agar alat ini bisa dipromosikan oleh DPMD bekerjasama dengan Dinas Perdagangan untuk mempromosikan Usaha Kecil Menengah yang ada di Kabupaten . Kegiatan ini harus menjadi motivasi buat anak-anak yang lain bahwa mereka juga bisa membuat lebih banyak karya,"sarannya.

Bunda Indah berharap, keikutsertaan Kabupaten , dapat menarik banyak investor untuk menanamkan investasi menggarap potensi Kabupaten

"Saya ingin banyak investor banyak masuk . Sekitar 70% masyarakat kita petani, ini harus ditingkatkan sesuai dengan potensi yang ada di . Oleh karena itu kita akan support para investor, sehingga nantinya kita bisa meningkatkan ekspor disamping juga investasi di bidang wisata," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten , Patria Dwi Hastiadi menyampaikan, dalam waktu dekat berencana mensinergikan TTG dengan program inovasi nasional. Dia berharap, bisa muncul inovasi yang berguna bagi desa maupun Kabupaten .

"Untuk itu kegiatan TTG ini akan kita sinergikan dengan program inovasi nasional untuk desa. Salah satunya pada November nanti akan menggelar bursa inovasi desa. Rencananya akan kita tempatkan di Hutan Bambu. Rencana ini, dimaksudkan untuk memotivasi semua warga memunculkan inovasi yang berguna bagi desa maupun kabupaten," pungkasnya. (ron/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO