Job Fair Tuban Sediakan Ribuan Loker dari 43 Perusahaan

Job Fair Tuban Sediakan Ribuan Loker dari 43 Perusahaan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, memberikan sambutan sebelum pembukaan job fair.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP dan Naker), Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar Pameran Bursa Kerja atau Job Fair tahun 2018 di Gedung Budaya Loka, Kabupaten Tuban, Selasa (16/10).

Pameran bursa kerja yang berlangsung selama dua hari itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein. Dengan mengambil tema ‘wujudkan kesempatan dan perluasan kerja di Kabupaten Tuban’ diharapkan job fair tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merata dan berkeadilan.

“Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun,” ungkap Noor Nahar.

Wabup mengungkapkan, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, pada tahun 2017 lalu angka pengangguran di Kabupaten Tuban mencapai 22.198 orang atau sekitar 3,39 persen dari jumlah penduduk.

“Dari jumlah itu, para pencari kerja terbanyak lulusan SMA sebanyak 3.403 orang. Sementara, tingkat pendidikan sarjana sebanyak 2.257 orang,” rinci politikus PKB tersebut.

Menyikapi hal tersebut, pemkab berkoordinasi dengan perusahaan yang ada di Bumi Wali untuk mengetahui kebutuhan perusahaan besar. Melalui cara itu dapat dipersiapkan lulusan SMA/SMK yang mumpuni sesuai kebutuhkan perusahaan.

”Teknisnya dengan cara mencocokkan jurusan yang dibutuhkan dengan mata pelajaran di sekolah. Sehingga ada link and match antara dunia pendidikan dengan penyedia lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PTSP dan Naker, Tajudin Tebyo menjelaskan, pada bursa kerja tahun ini total ada sebanyak 1.041 Lowongan Kerjaan (Loker) yang disediakan dari 43 perusahaan. Rinciannya, 37 perusahaan lokal dan 6 perusahaan dari provinsi. “Sebanyak 885 loker dari perusahaan lokal, sementara sisanya ada 156 loker dari perusahaan luar Tuban,” katanya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO