Gubernur Berharap Lomba Kicau Burung Dongkrak Kunjungan Pariwisata

Gubernur Berharap Lomba Kicau Burung Dongkrak Kunjungan Pariwisata Pakde Karwo tampak menikmati kicauan burung di ajang Pakde Karwo Cup VIII 2018 di Kampus Ubaya, Surabaya. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2.700 peserta mengikuti lomba berkicau Piala Gubernur Jatim Pakde Karwo Cup VIII di halaman Kampus Universitas Surabaya (Ubaya) Jalan Tenggilis, Minggu (14/10).

Lomba ini resmi dibuka langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo dan Ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Jatim, Herry Sugiono.

“Lomba ini tidak sekadar hobi, tapi juga pelestarian. Pelestarian di Jatim agar terus ditingkatkan, karena lomba berkicau dapat meningkatkan perekonomian kerakyatan dan juga mendongkrak kunjungan pariwisata di Jatim,” ujar Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo di sela memantau lomba.

Lebih lanjut dikatakan, fenomena penangkaran berkicau jika dikelola dengan baik, maka bisa menguntungkan secara ekonomis, meningkatkan pendapatan masyarakat, bahkan sangat prospektif sebagai ajang bisnis.

Lomba berkicau ini merupakan salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat dalam rangka memberikan makna pada aspek pelestarian lingkungan dan sumber daya hayati.

“Lomba berkicau tidak hanya melestarikan penangkaran dan budidaya berkicau, tetapi juga mampu memberikan motivasi dan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan, khususnya berkicau agar tidak punah,” tutur dia.

Lihat juga video 'Harga Perkutut Juara Tembus Rp500 Juta, Lomba Burung Kicau di Pasuruan Diikuti 300 Peserta ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO