Naik Heli, Kapolda dan Pangdam Dampingi Gubernur Kunjungi Sapudi

Naik Heli, Kapolda dan Pangdam Dampingi Gubernur Kunjungi Sapudi Gubernur, Pangdam V/Brawijaya serta Kapolda Jatim mengunjungi Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep untuk melihat korban bencana gempa bumi Jawa Timur, Kamis (11/10) dini hari.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur, Pangdam V/Brawijaya serta mengunjungi Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep untuk melihat korban bencana gempa bumi Jawa Timur, Kamis (11/10) pagi.

Mereka meninjau secara langsung dampak gempa yang melanda Jawa Timur dengan kekuatan 6,4 SR terjadi pada Kamis, 11 Oktober 2018 pukul 01.44 WIB pada Lintang 7.42 LS, Bujur 114.47 BT kedalaman 10 Km dan lokasi di Selat Bali.

Titik pusat gempa bumi 61 Km timur laut Situbondo, Jawa Timur, 83 KM Tenggara Sumenep, 87 Km timur laut Kabupaten Bondowoso, 161 KM barat laut Denpasar, Bali, dan 860 Km tenggara Jakarta dan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, penanganan awal pasca bencana yang dilakukan Polda Jatim, adalah dengan mengirimkan 50 personel Polri. Mereka terdiri dari 1 peleton anggota Satbrimob serta 20 personel dari Satsabhara.

”Pada prinsipnya masyarakat di sana (Sapudi) toleransinya sangat baik sekali. Dimana warganya yang rumahnya hancur ditampung oleh tentangganya. Dan juga ada yang memilih di tenda,” ungkap Luki usai kunjungan ke Pulau Sapudi.

Luki menambahkan, para mengungsi meminta kepada pemerintah supaya menyediakan tenda untuk tinggal sementara waktu. Untuk kesediaan sanitasi dan sumber air bersih bagi warga relatif cukup

Tak hanya itu, dua dokter spesialis RS Bhayangkara Polda Jatim serta obat-obatan juga bakal dikirim untuk membantu para korban luka-luka.

Dalam kunjungan itu, Gubernur Soekarwo menyebut kegiatan belajar di pulau tersebut direncakana berjalan seperti biasa.

Diperkitakan ada sekitar 246 unit rumah warga yang rusak akibat gempa bumi dengan berbagai kategori. Dengan rincian 36 unit rumah berada di daerah pegunungan, 30 unit rumah rusak berat, 80 unit rumah mengalami kerusakan sedang dan 100 unit rumah mengalami kerusakan ringan.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO