Senin, 23 September 2019 10:49

Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Sudah Dalam Proses Pengurukan

Selasa, 09 Oktober 2018 21:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Sudah Dalam Proses Pengurukan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan berbeda di lokasi tanggul lumpur Lapindo Sidoarjo yang ambles. Dua unit alat berat sudah nangkring di atas tanggul, Selasa (9/10).

Namun, alat berat yang berada di atas tanggul di titik 67 itu hanya melakukan pemerataan tanah di atas tanggul yang terlihat tidak rata. Belum melakukan perbaikan terhadap tanggul yang ambles.

Menurut Humas PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo) Hengki Listria Adi, alat berat itu memang hanya meratakan tanah di atas tanggul.

"Sementara perbaikan terhadap tanggul yang ambles belum bisa dilakukan. Masih menunggu air di dalam tanggul debitnya turun," cetus Hengki.

Ketika air sudah turun sampai satu meter, baru perbaikan tanggul ambles bisa dilakukan. Sementara saat ini, air masih turun di kisaran 40 centimeter.

Di lokasi, sejak siang tadi juga terlihat sejumlah pekerja membuat akses baru ke atas tanggul. Akses itu dimaksudkan untuk jalur pengangkutan material ke atas tanggul.

Kapan perbaikan tanggul yang ambles dilakukan? Hengki masih belum bisa memastikan. Menurut dia pekerja masih menunggu debit air turun. "Saat ini ketinggian air masih 6 meter. Kalau sudah lima meter kami benahi," jlentrehnya.

Diketahui, tanggul di sana ambles sejak Jumat (5/10) lalu. Tanggul ambles sampai lima meter hingga mengakibatkan air dan lumpur meluber keluar tanggul.

Kondisi itu membuat warga sekitar resah. Yakni warga Dusun Polo Gunting, Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Mereka bahkan sebagian sudah siap untuk mengungsi jika sewaktu-waktu lumpur meluber ke permukiman. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...