Minggu, 23 Februari 2020 17:32

Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Sudah Dalam Proses Pengurukan

Selasa, 09 Oktober 2018 21:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Sudah Dalam Proses Pengurukan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan berbeda di lokasi tanggul lumpur Lapindo Sidoarjo yang ambles. Dua unit alat berat sudah nangkring di atas tanggul, Selasa (9/10).

Namun, alat berat yang berada di atas tanggul di titik 67 itu hanya melakukan pemerataan tanah di atas tanggul yang terlihat tidak rata. Belum melakukan perbaikan terhadap tanggul yang ambles.

Menurut Humas PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo) Hengki Listria Adi, alat berat itu memang hanya meratakan tanah di atas tanggul.

"Sementara perbaikan terhadap tanggul yang ambles belum bisa dilakukan. Masih menunggu air di dalam tanggul debitnya turun," cetus Hengki.

Ketika air sudah turun sampai satu meter, baru perbaikan tanggul ambles bisa dilakukan. Sementara saat ini, air masih turun di kisaran 40 centimeter.

Di lokasi, sejak siang tadi juga terlihat sejumlah pekerja membuat akses baru ke atas tanggul. Akses itu dimaksudkan untuk jalur pengangkutan material ke atas tanggul.

Kapan perbaikan tanggul yang ambles dilakukan? Hengki masih belum bisa memastikan. Menurut dia pekerja masih menunggu debit air turun. "Saat ini ketinggian air masih 6 meter. Kalau sudah lima meter kami benahi," jlentrehnya.

Diketahui, tanggul di sana ambles sejak Jumat (5/10) lalu. Tanggul ambles sampai lima meter hingga mengakibatkan air dan lumpur meluber keluar tanggul.

Kondisi itu membuat warga sekitar resah. Yakni warga Dusun Polo Gunting, Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Mereka bahkan sebagian sudah siap untuk mengungsi jika sewaktu-waktu lumpur meluber ke permukiman. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...