Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Sudah Dalam Proses Pengurukan

Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Sudah Dalam Proses Pengurukan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan berbeda di lokasi tanggul lumpur Sidoarjo yang ambles. Dua unit alat berat sudah nangkring di atas tanggul, Selasa (9/10).

Namun, alat berat yang berada di atas tanggul di titik 67 itu hanya melakukan pemerataan tanah di atas tanggul yang terlihat tidak rata. Belum melakukan perbaikan terhadap tanggul yang ambles.

Menurut Humas PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo) Hengki Listria Adi, alat berat itu memang hanya meratakan tanah di atas tanggul.

"Sementara perbaikan terhadap tanggul yang ambles belum bisa dilakukan. Masih menunggu air di dalam tanggul debitnya turun," cetus Hengki.

Ketika air sudah turun sampai satu meter, baru perbaikan tanggul ambles bisa dilakukan. Sementara saat ini, air masih turun di kisaran 40 centimeter.

Di lokasi, sejak siang tadi juga terlihat sejumlah pekerja membuat akses baru ke atas tanggul. Akses itu dimaksudkan untuk jalur pengangkutan material ke atas tanggul.

Kapan perbaikan tanggul yang ambles dilakukan? Hengki masih belum bisa memastikan. Menurut dia pekerja masih menunggu debit air turun. "Saat ini ketinggian air masih 6 meter. Kalau sudah lima meter kami benahi," jlentrehnya.

Diketahui, tanggul di sana ambles sejak Jumat (5/10) lalu. Tanggul ambles sampai lima meter hingga mengakibatkan air dan lumpur meluber keluar tanggul.

Kondisi itu membuat warga sekitar resah. Yakni warga Dusun Polo Gunting, Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Mereka bahkan sebagian sudah siap untuk mengungsi jika sewaktu-waktu lumpur meluber ke permukiman. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'HOAX! Bukan Tanggul Lumpur Lapindo yang Jebol tapi Pipa PDAM di Jalan Raya Porong':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO