Selasa, 25 Juni 2019 21:48

Pasar Legi Blitar Ditarget Selesai Dibangun Dalam Setahun

Jumat, 05 Oktober 2018 16:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Pasar Legi Blitar Ditarget Selesai Dibangun Dalam Setahun
Pasar Legi Kota Blitar sebelum terbakar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar tak jadi dilaksanakan dengan menggunakan sistem multiyears. Namun, pembangunan kembali pasar yang terbakar 2016 lalu itu ditargetkan selesai dalam waktu setahun.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Blitar, Santoso. Menurutnya, Pemkot Blitar berencana menyelesaikan pembangunan Pasar Legi dalam setahun pada 2019.

"Hasil kesepakatan antara Pemkot Blitar dan DPRD, pembangunan Pasar Legi akan menggunakan APBD tahun 2019. Jadi ditargetkan dalam setahun selama 2019 pembangunan sudah rampung," ungkap Santoso, Jumat (5/10/2018).

Sebelumnya, Pemkot Blitar berencana membangun Pasar Legi menggunakan APBD dengan sistem multiyears. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 50 miliar. Pada 2019, Pemkot berencana mengalokasikan anggaran Rp 35 miliar. Sisanya, Rp 15 miliar akan dianggarkan pada 2020.

Namun skenario itu berubah, saat pembahasan APBD 2019. Pemkot dan DPRD sepakat pembangunan Pasar Legi selesai dalam satu tahun. Biaya pembangunan Pasar Legi sebesar Rp 50 miliar dianggarkan di APBD 2019.

Menurut Santoso, pembangunan fisik Pasar Legi dimulai Februari 2019. Untuk itu, pada akhir 2018 ini, Pemkot Blitar akan menyiapkan segala keperluan pembangunan. Mulai melengkapi dokumen, lelang pekerjaan, dan merelokasi pedagang.

"Harapan kami awal 2019 segera dimulai, jadi selesai sesuai target. Saat ini kita akan fokus untuk proses prelokasi pedagang dan kemudian disusul proses lelang," imbuhnya.

Terpisah, wakil ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto membenarkan adanya kesepakatan antara Pemkot dan DPR terkait pembangunan Pasar Legi. Agar pembangunan selesai sesuai target, dewan meminta Pemkot Blitar segera menyiapkan tahapan sebelum pembangunan. Terutama soal pelaksanaan relokasi pedagang. Relokasi pedagang harus beres Desember 2018.

"Kesepakatan itu didasari berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah terkait nasib para pedagang. Apalagi Pasar Legi merupakan pasar terbesar di Kota Blitar. Serta, keberadaan Pasar Legi yang sudah dua tahun mangkrak harus segera difungsikan kembali demi menggerakan roda perekonomian, khususnya pasar tradisional," jelas Totok.

Untuk diketahui, kebakaran hebat Juni 2018 lalu membuat Pasar Legi Kota Blitar ludes. Sebagian pedagang terpaksa membuka lapak seadanya di pinggir sisa reruntuhan pasar. Sisanya tidak lagi berjualan lantaran kehabisan modal.

Pemkot Blitar berencana membangun Pasar Legi menggunakan dana bantuan dari pemerintah pusat. Tapi, sampai sekarang usulan dana bantuan dari pemerintah pusat tidak jelas turunnya. Akhirnya, Pemkot Blitar berinisiatif membangun Pasar Legi menggunakan APBD. (ina/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...