Kabinet Jokowi: 18 Profesional, 16 Parpol, Wamen Dihapus

Kabinet Jokowi: 18 Profesional, 16 Parpol, Wamen Dihapus Jokowi tetap mempertahankan postur tubuh kabinet dengan jumlah 34 menteri seperti era SBY. Foto: sapulidinews.com

JAKARTA(BangsaOnline)Presiden terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan postur kabinet hari ini, Senin. Dari 34 menteri, tiga posisi menteri koordinator akan dibagi antara profesional dan partai. Namun pembagiannya masih belum jelas.

"Campur. Tapi orangnya belum ketemu," ungkapnya di Kantor Transisi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/9).

Jokowi menerangkan, posisi Menko masih berpeluang diduduki oleh orang partai. Mengenai siapa calon yang sekiranya memiliki kompeten untuk menduduki posisi tersebut, Jokowi tidak memberikan syarat khusus.

Bahkan Jokowi mengaku partai sudah ada yang mengincar posisi tersebut. "Dari mereka sudah disampaikan, tapi dari saya belum pilih," ungkapnya.

Seperti diketahui, Jokowi-JK memutuskan untuk menggunakan postur kabinet 34 Kementerian seperti kabinet SBY-Boediono. Yang akan diduduki oleh 18 sosok berlatar belakang profesional murni dan 16 sosok berlatar belakang profesional partai.

"18 profesional dan 16 profesional partai, menko tetap 3, wakil menteri sementara ini yang mungkin masih diperlukan adalah di Kementerian Luar Negeri," kata Jokowi. Jadi wakil menteri yang lain  akan dihapus.

Meski belum memutuskan sosok yang akan menempati masing-masing posisi, namun Jokowi sudah menyebut beberapa Kementerian yang akan diduduki sosok berlatar belakang profesional murni.

"Yang profesional, menteri keuangan, menteri BUMN menteri energi (ESDM), menteri pertanian," sebut Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO