Dinas Pertanian Pacitan Nyatakan Tidak Ada Spora Antraks di Desa Gasang

Dinas Pertanian Pacitan Nyatakan Tidak  Ada Spora Antraks di Desa Gasang Agus Sumarno, Kabid Keswan Distan Pacitan. (Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian (Distan) Pacitan menegaskan kalau hasil uji laboratorium terhadap sampel tanah dan darah hewan ternak di seputaran kediaman Suradi, warga Desa Gasang, Kecamatan Tulakan, yang diduga suspect , negatif dari spora penyakit tersebut.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Distan setempat, Agus Sumarno mengatakan, pihaknya belum mendapatkan hasil secara rinci dari laboratorium Balai Besar Viteriner Jogjakarta. 

"Akan tetapi merunut informasi secara lisan, memang hasilnya negatif. Tidak ditemukan spora sebagaimana hasil sampel tanah di seputaran kandang ternak. Termasuk tanah dilubangi sampah yang menyebabkan kaki Suradi dipenuhi luka, juga negatif dari bakteri ," ujarnya saat dikonfirmasi di ruang tunggu Dinas Pertanian Pacitan, Senin (10/9).

Namun begitu, Agus menegaskan kalau saat ini laboratorium keswan di Tuban juga masih melakukan pemeriksaan. "Hasilnya bagaimana masih kita tunggu. Sebab akan kita cocokan dengan hasil dari laboratorium Viteriner di Jogjakarta yang menyatakan negatif," terang dia.

Sementara terkait beberapa warga di Kecamatan Sudimoro yang juga diduga suspect , Agus menegaskan kalau pihaknya masih melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel tanah dan darah hewan ternak. "Kita juga terus melakukan penyuntikan vitamin dan antibiotik ke banyak hewan ternak di beberapa lokasi yang diduga terjadi serangan ," imbuhnya.

Selain melakukan pemeriksaan laboratorium atas sampel tanah dan darah hewan ternak, lanjut Agus, Dinas Pertanian juga terus melakukan vaksinasi di wilayah kecamatan barat. Yaitu Pringkuku, Punung dan Donorojo. Sebab di tiga lokasi itu pada tahun 2016 lalu positif ada serangan .

"Dari 15 ribu vaksin, sudah disuntikkan sebanyak 10 ribu dosis. Vaksinasi itu kita laksanakan di 13 desa yang ada di tiga kecamatan. Kita targetkan sampai November nanti semua sudah tuntas," tukasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO