Ribuan Warga Nogosari Pasuruan Ikuti Karnaval Kemerdekaan

Ribuan Warga Nogosari Pasuruan Ikuti Karnaval Kemerdekaan

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten ikut berpartisipasi menggelar konvoi karnaval dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan 17 Agustus RI-73, Minggu (26/8).

Banjir kreasi memadati sepanjang jalan Pandaan-Bangil. Bahkan Kepala Desa Nogosari H. Iswahyudi ikut berperan dalam acara tersebut dengan memakai atribut seragam khas pelantikan kepala desa.

Adapun kreativitas warga di antaranya menampilkan berbagai macam jenis pertunjukan. Mulai dari pertunjukan naga raksasa, buaya raksasa, tank raksasa, dan patung raksasa yang menggambarkan figur Bung Karno sedang membacakan naskah proklamasi.

Ada juga yang menampilkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Semisal, berperan sebagai pahlawan asal Papua, pahlawan asal Madura, tari reog, tari tari kupu-kupu dan lainnya.

Di samping itu juga ada semacam tumpeng raksasa yang berisi sayuran dan buahan. Usai sampai finish, sayuran dan buahan tersebut menjadi rebutan warga.

Iswahyudi mengatakan, karnaval sekarang dibandingkan dengan tahun sebelumnya memang meriah yang sekarang. Ia mengaku tahun kemarin sebelum menjabat kepala desa, karnaval hanya dilakukan per dusun. 

"Nah sekarang semua dusun yang ada di desa Kami ikut berandil memeriahkan HUT Kemerdekaan ini," papar dia kepada Bangsaonline.com di lapangan parkir baru yang sebelumnya dibuat TPA.

Harapan dari Iswahyudi sendiri atas meriahnya karnaval tersebut, supaya warga itu sadar akan makna dari sebuah kemerdekaan. 

"Bahwa tanpa ada kemerdekaan tersebut, sepertinya mustahil bisa mengadakan acara seperti yang diadakan sekarang ini," tegasnya.

Di sisi lain dia juga berharap supaya warga Nogosari selalu kompak, bersatu, dan bersinergi membangun masa depan Desa. "Tanpa ada kerjasama yang baik, pastinya tidak akan semeriah kegiatan sekarang ini " pungkasnya. (afa/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO