Bupati Indartato jadi Juri Kehormatan pada Kontes Batu Akik Merah Putih

Bupati Indartato jadi Juri Kehormatan pada Kontes Batu Akik Merah Putih Antusias masyarakat Pacitan terhadap batu akik masih cukup tinggi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Meski sempat redup, euforia di kembali menggeliat seiring datangnya HUT Kemerdekaan RI ke-73. Hal itu ditandai dengan event kontes kelas nasional yang dihelat di gedung Gasibu Swadaya, sejak tanggal 17 hingga 19 Agustus.

Nurul Islamiah, salah seorang panitia penyelenggara kontes nasional mengatakan kegemaran masyarakat terhadap batu mulia ternyata masih cukup tinggi. Bahkan para penggemar akik dari pelosok negeri turut hadir pada event tersebut.

"Sejak dibuka event kontes pada tanggal 17 Agustus kemarin, sedikitnya sudah ada 1.358 jenis yang masuk untuk diikutkan sebagai kontestan. Mayoritas bebatuan jenis kalsidon, serta batu motif. Ini menandakan kalau antusiasme masyarakat di Indonesia, utamanya di terhadap masih sangat tinggi," ujarnya, Minggu (19/8).

Nurul mengungkapkan pada kontes kali ini panitia mempertandingkan 57 kelas yang terbagi dalam beberapa jenis batu. Mulai batu lokal sampai bebatuan mulia dari mancanegara. "Pada sesi pertama untuk batu phirus akan dipertandingkan sebanyak 19 kelas. Dan sesi kedua sebanyak 64 kelas," bebernya.

Pada event puncak yang akan dilaksanakan malam nanti, Bupati Indartato bersama Wabup Yudi Sumbogo berencana hadir dan akan menjadi juri kehormatan untuk menentukan batu motif merah putih sebagai pemenang kontes.

"Event kontes kali ini akan memperebutkan trofi Bupati dan trofi king off. Bagi peserta kontes yang keluar sebagai juara umum akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 15 juta," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO