Renungan Hari Kemerdekaan, Bupati Tuban: Hargai Jasa Pahlawan, Hargai Perbedaan

Renungan Hari Kemerdekaan, Bupati Tuban: Hargai Jasa Pahlawan, Hargai Perbedaan Bupati Tuban, Fathul Huda.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban H Fathul Huda meminta masyarakat menjadikan momen Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 sebagai wujud untuk menghargai jasa para pahlawan.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa-jasa pahlawannya. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang mengisyaratkan sikap menghargai sesama sama halnya menghargai dirinya dan Tuhannya," ujar Bupati saat ditemui BANGSAONLINE.com usai mengikuti upacara, Jum'at (17/8).

"Kemerdekaan NKRI bukan pemberian siapa pun. Tetapi anugerah Allah atas jerih payah, cucuran keringat, dan darah para pahlawan. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya sebagai penerus bangsa harus menghormati jasa para pahlawan. Sikap menghormati dan menghargai tersebut tidak hanya mengangkat tangan saat upacara. Namun, diwujudkan dengan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, mempertahankan kemerdekaan dengan menjaga kebersamaan, semangat persatuan, dan kesatuan yang telah diajarkan pahlawan," katanya.

Untuk menjaga kebersamaan dan persatuan, Fathul Huda mengajak semua pihak saling menghargai perbedaan. Sebab, Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, etnis, dan budaya.

"Perbedaan dan keberagaman tersebut harus disikapi dengan bijak. Perbedaan ini adalah berkah yang harus dirawat. Harus dipahami dan dimaklumi karena hal ini sudah menjadi kehendak Allah. Melalui bersikap bijak dan menghargai perbedaan, maka akan terwujud persatuan," pesannya.

"Saya atas nama Bupati Tuban dan pribadi menyampaikan apresiasi pada semua pihak yang berpartisipasi dan peduli atas terselenggaranya peringatan HUT RI. Peringatan HUT RI merupakan salah satu cara untuk menghargai jasa pahlawan," pungkasnya. (wan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO