Pemkab Tuban Salurkan Bantuan Logistik dan Berangkatkan Relawan Tagana ke Lombok

Pemkab Tuban Salurkan Bantuan Logistik dan Berangkatkan Relawan Tagana ke Lombok Wabup Tuban memasangakan tas kepada relawan Tagana Tuban yang berangkat ke Lombok.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengirimkan 3 relawan yang berasal dari Tagana untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tiga relawan itu dilepas oleh Wakil Bupati Noor Nahar Husein dari komplek gedung pemkab setempat, Rabu (15/8), bersamaan dengan pengiriman sejumlah bantuan logistik.

Di hadapan relawan dan tamu yang hadir, Noor Nahar Husein mengungkapkan bahwa Pemkab akan terus mendorong generasi muda untuk menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kemanusian. Tujannya, untuk meningkatkan semangat persatuan dan persaudaraan.

"Tak hanya itu, pemkab juga menginstruksikan kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) untuk menginisiasi dan berpartisipasi pada kegiatan kemanusiaan. Saya meminta kepada Sekretaris Daerah untuk membuat Surat Edaran mengenai kegiatan ini, agar membantu meringankan beban korban gempa di Lombok," terangnya.

Untuk relawan yang bertugas di lokasi bencana, Noor Nahar berpesan agar menjaga kesehatan fisik dan mental. “Diharapkan, sepulang dari sana para relawan membawa pulang jiwa dan mental penolong yang kuat dan dapat ditularkan kepada yang lain,” imbuh pria yang juga mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Di tempat yang sama, koordinator Tagana Tuban Moh. Zaenuri menyebutkan 3 relawan yang diberangkatkan yaitu Saadu Khafidin (Tim Layanan Dukungan Psikososial), MH. Athoillah (Tim Shelter), dan Sutarno (Tim Dapur Umum). “Ketiganya merupakan relawan pilihan dan terbaik yang akan bertugas di Lombok sesuai dengan SK Kebencanaan, minimal 15 hari,” jelas Zaenuri.

Di Lombok, tim Tagana Tuban akan berkumpul dengan personel Tagana kabupaten lain.

Dalam kesempatan itu, Zaenuri juga menyampaikan total donasi yang selama ini dikumpulkan untuk korban Gempa Lombok. Hingga Selasa (13/08/2018), donasi itu mencapai Rp 27 juta. Donasi tersebut berasal dari unsur pendidikan, Karang Taruna, komunitas, dan perseorangan.

“Oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Tuban mendapat kepercayaan pada bagian logistik, sehingga donasi yang terkumpul digunakan untuk membeli berbagai bantuan logistik,” ungkapnya.

Adapun bantuan logistik yang diberikan berupa mi, ikan asin, krupuk, kecap, sembako, peralatan mandi, dan pakaian. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO