Pemkab Gresik Akhirnya Portal Jalan Harun Thohir

Pemkab Gresik Akhirnya Portal Jalan Harun Thohir Petugas DPU TR ketika memasang portal besi berdiameter 30 cm di Jalan Harun Thohir, Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) akhirnya memasang portal di Jalan Harun Thohir Kecamatan Gresik, Jumat (10/8). Sebelumnya, Kamis (9/8) kemarin portal tersebut gagal dipasang karena dihalang-halangi warga.

Seperti sebelumnya, pemasangan portal kali ini juga mendapatkan pengawalan ketat. Baik dari TNI, Polri, petugas Dinas Perhubungan (Dishub), maupun Dispol PP.

Kepala DPUTR Ir. Gunawan Setijadi mengakui bahwa portal sempat gagal dipasang Kamis (9/8) lalu, karena beberapa pertimbangan. "Kemarin warga minta agar pemortalan dilakukan besoknya (Jumat, 10/8). Makanya, Jumat kami lakukan pemortalan," paparnya.

Dijelaskan dia, portal tersebut dipasang karena tidak ada itikad baik dari perusahaan yang ada di sekitar pelabuhan Gresik untuk memperbaiki kerusakan jalan Harun Thohir.

"Kami sudah memberikan toleransi waktu kepada para pengusaha di sana (pelabuhan). Namun, janji mereka untuk perbaikan jalan tak kunjung diwujudkan. Makanya, pemortalan kami lakukan. Untuk perbaikan jalan tersebut seharusnya dengan menaikkan kelas jalannya yang membutuhkan dana Rp 26,6 miliar," cetusnya.

Dengan adanya portal tersebut, maka kendaraan besar yang tak sesuai kelas jalan tak bisa melintas di Jalan Harun Thohir. "Jadi kendaraan yang bisa lewat hanya kendaraan kecil sesuai kelas jalan, kelas III. Nanti jalan yang rusak kita perbaiki dengan sistem tambal sulam agar nyaman dilalui kendaraan," pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO