Dampak Perayaan HUT Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Taman di Pinggir Jalan Rusak Terinjak-injak

Dampak Perayaan HUT Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Taman di Pinggir Jalan Rusak Terinjak-injak Kondisi taman di pinggir jalan usai terinjak-injak pengunjung.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Meriahnya acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1858 di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio menarik animo masyarakat dari berbagai daerah, Minggu (5/8).

Tak hanya umat dari perwakilan klenteng se-Indonesia yang menghadiri acara itu. Namun, ribuan warga dari berbagai daerah juga turut menyaksikan ritual akbar tersebut.

Kendati demikian, kehadiran ribuan warga yang memadati area klenteng terbesar se-Asia Tenggara itu menimbulkan permasalahan lain, yakni rusaknya taman di sekitaran klenteng akibat terinjak-injak.

Pantauan BANGSAONLINE.com, kondisi taman yang berada di pinggir trotoar sepanjang jalan RE. Marthadinata itu mengalami kerusakan cukup parah. Keberadaan taman bunga yang mengalami kerusakan itu sekitar sepanjang sekitar 100 meter sejak di depan klenteng.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Pemilik Klenteng Kwan Sing Bio , Alim Sugianto terkesan tak acuh terkait kerusakan tersebut. "Kerusakan taman itu bukan urusan kita, saya belum mengetahui secara pasti," cetusnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten , Sudarmaji. Menurutnya, rusaknya taman di sepanjang trotoar jalan itu akibat masyarakat yang kurang mempunyai rasa memiliki. "Masyarakat ini belum mempunyai rasa memiliki taman itu, karena fasilitas umum yang kita bangun tidak akan berhasil tanpa adanya kesadaran dari masyarakat," ujar Sudarmaji.

Meski begitu, pihaknya berjanji akan segera melakukan perbaikan taman yang mengalami kerusakan dengan berkoordinasi dengan pengurus klenteng. 

"Besok kita akan mengecek lokasi itu dan akan bekerjasama dengan pihak klenteng. Mungkin mereka bisa membantu perawatan atau pemberian pupuknya," pungkasnya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO