Diskusi DUDI, Dewan Pendidikan Pasuruan Sambangi Tuban

Diskusi DUDI, Dewan Pendidikan Pasuruan Sambangi Tuban Wakil Ketua Dewan Pendidikan Tuban M. Syaichon memberikan cinderamata kepada Ketua Dewan Pendidikan Pasuruan, Zainal Abidin.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Pasuruan melakukan kunjungan ke Kabupaten Tuban, Selasa (31/7). Dalam pertemuan yang digelar di aula Dinas itu, Ketua DP Kabupaten Pasuruan, Dr. Zainal Abidin menyatakan bahwa tujuannya datang ke Bumi Ronggolawe untuk berdiskusi mengenai Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan kontribusinya terhadap lingkungan sekitar.

"Kami memilih Tuban untuk menjadi tempat studi banding, karena kami melihat di sini banyak industri. Kami ingin tahu peran mereka khususnya dalam bidang pendidikan," jelas Zainal Abidin kepada wartawan.

Selain terkait DUDI, pihaknya juga ingin diskusi dan belajar mengenai pagu sekolah. Karena di Pasuruan terjadi persaingan yang ketat antar sekolah. Sehingga, ia ingin mencontoh penerapan regulasi di Tuban agar persaingan tersebut bisa berjalan sehat.

"Saya datang bersama 6 anggota Dewan Pendidikan lainnya, karena saya dengar di Tuban ini sudah ada batasan pagu masing-masing sekolah. Ini yang ingin kami tularkan di Pasuruan,’’ bebernya.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Nur Khamid didampingi sejumlah Kepala Bidang menjelaskan kontribusi DUDI terhadap dunia pendidikan di Bumi Wali.

Menurutnya, banyak manfaat yang diterima dunia pendidikan di Tuban pasca munculnya sejumlah perusahaan, utamanya perusahaan migas.

"Ada yang membantu mendirikan pusat belajar guru (PBG) yang dilengkapi dengan fasilitas dan penyiapan SDM. Peran dan kualitas guru juga ditingkatkan dengan berbagai pelatihan. Sedangkan perusahaan Semen BUMN memberikan beasiswa dan bantuan-bantuan kegiatan dalam bidang pendidikan," jelasnya.

Turut hadir pula dalam pertemuan itu, 6 perwakilan dari Dewan , dipimpin Wakil Ketua M. Syaichon. Ia menambahkan bahwa selama ini sinergi pengelolaan pendidikan antara Dinas dan Dewan Pendidikan sudah cukup baik di Tuban.

"Peran Dewan Pendidikan dalam pembinaan dan mitra Komite Sekolah juga sudah dijalankan. Kita melakukan penguatan komite dan memfasilitasi kegiatan untuk peningkatakan kapasitas komite sekolah," ungkapnya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO