Program Cerdastani Diluncurkan di Tuban

Program Cerdastani Diluncurkan di Tuban Bupati Tuban Fathul Huda melayani petani yang meminta tanda tangannya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT (PG) dan PT Jasa Asuransi Indonesia (Asuransi Jasindo) meluncurkan program Cerdastani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Senin (23/7).

Peresmian Cerdastani ditandai dengan penandatanganan dan peluncuran Kartu Cerdastani sebagai bentuk kolaborasi kedua BUMN mendukung Gerakan Peningkatan Produksi Pangan (GP3) Kementerian BUMN. Peluncuran dilanjutkan dengan penyerahan pupuk produksi PG, yaitu NPK Phonska Plus, secara simbolis dan poIis dan klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) kepada petani.

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan, program tersebut bentuk sinergi antara PG dan Asuransi Jasindo yang difokuskan untuk meningkatkan dan melindungi kinerja petani dari hulu ke hilir.

memberikan kawalan teknologi budidaya serta pengawalan penggunaan pupuk bagi petani, sedangkan Asuransi Jasindo memberikan pengendalian risiko gagal panen melalui AUTP,” ujar Nugroho.

Lebih lanjut, petani yang ingin mendapatkan asuransi tersebut harus memenuhi beberapa kriteria, di antaranya, petani pemilik lahan, anggota kelompok tani, dan pengguna pupuk subsidi. Di samping itu diwajibkan mengisi formulir yang diberikan mantri Cerdastani.

“Setelah mendaftar petani akan dapat menerima kartu Cerdastani paling lambat dua minggu dan langsung dapat menikmati fasilitas dan manfaat sebagai peserta program seperti pendampingan budidaya padi, hingga promo khusus untuk pembelian Phonska Plus,” imbuhnya.

Ketika telah dinyatakan menjadi peserta Cerdastani, maka lahan sawah akan dilakukan uji tanah pertanian secara gratis untuk mengetahui perbandingan pemupukan yang tepat bagi padi yang ditanam petani. Mantri Cerdastani akan mendampingi peserta petani untuk mencapai hasil optimal. Untuk pemenuhan kebutuhan pupuk, PG merekomendasikan pemupukan berimbang 5-3-2. yaitu 500 kg pupuk organik Petroganik, 300 kg pupuk NPK Phonska Plus, serta 200 kg pupuk Urea untuk setiap hektar sawah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO