Selasa, 21 Agustus 2018 13:02

Dua Dosen Universitas Negeri Malang Akhirnya Dijebloskan ke LP Lowokwaru

Kamis, 19 Juli 2018 17:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Dua Dosen Universitas Negeri Malang Akhirnya Dijebloskan ke LP Lowokwaru
Amran Lakoni, Kajari Kota Malang (kiri), saat memberikan keterangan di kantornya. foto: IWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Target mengeksekusi tiga orang ASN di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM) akhirnya dilaksanakan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang. Kemarin (18/7), Kejari melakukan eksekusi terhadap Drs. Abdulloh Fuad, M.Si (dosen UM sekaligus ketua panitia lelang), serta Drs. Andoyo, SIP, MM, (Kepala Biro Administrasi dan Keuangan sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen pengadaan peralatan MIPA-UM).

Penahanan itu dilakukan sesuai putusan kasasi Mahkamah Agung tahun 2017. 

Keduanya dieksekusi saat sedang rapat dengan rektor di kantornya. "Ada satu lagi semestinya yang dieksekusi, yakni Sutoyo, SH, M.Hum (dosen sekaligus sekretaris panitia pelelangan), namun sedang tidak ada di tempat," ungkap Amran Lakoni, SH, MH, Kepala Kejari Kota Malang, Kamis (19/07).

"Secepatnya terpidana Sutoyo segera menyusul dua rekannya, karena minggu-minggu ini kita juga kembali mengeksekusinya," terang Amran.

Mereka bertiga terpidana kasus korupsi pengadaan peralatan laboratorium MIPA-UM pada tahun 2009, berasal dari pos anggaran DIPA UM yang bersumber APBN sebesar Rp 46,5 miliar. "Negara mengalami kerugian senilai Rp 14,9 miliar," jelasnya.

Ketiganya dijerat dengan pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 ayat (1) a, b jo Pasal 18 ayat (2) (3) UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. "Untuk Abdulloh Fuad dan Sutoyo ancamannya 6 tahun penjara, sedangkan Andoyo terancam 4 tahun penjara," tambahnya.

Eksekusi itu dipimpin oleh Kasi Pidsus dan Kasi Intel Kejari Kota Malang. Petugas Kejari sempat mendapatkan perlawanan dari pengacara dari terpidana kasus tipikor tersebut. "Akan tetapi kami tegas memerintahkan tetap memasukan ke mobil tahanan sekaligus dititipkan ke LP Lowokwaru Malang sekitar pukul 18.30," pungkasnya. (iwa/thu/rev)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...