Kamis, 23 Januari 2020 00:51

Harga Telur Ayam Meroket, Konsumen Beralih ke Telur Bentesan

Rabu, 18 Juli 2018 17:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Harga Telur Ayam Meroket, Konsumen Beralih ke Telur Bentesan
Telur bentesan dipilih karena harganya jauh lebih murah.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Telur ayam dengan kondisi cangkang retak, atau yang lebih dikenal dengan telur bentesan belakangan menjadi primadona baru. Baik di kalangan ibu rumah tangga maupun para pengusaha makanan.

Hal ini pasca kenaikan harga telur ayam di pasaran, khususnya Blitar beberapa pekan terakhir. Di sejumlah pasar tradisional di Kota Blitar harga telur ayam tembus hingga Rp 26.000 per kilogram.

Sedangkan harga telur bentesan hanya berkisar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja, tergantung tingkat kerusakan cangkang telur.

"Harganya bervariasi tergantung kerusakan cangkangnya, yang cuma retak sama yang cangkangnya benar-benar pecah terlihat isinya sudah beda," papar Heri salah satu penjual telur ayam di Pasar Templek Kota Blitar, Rabu (17/7/2018).

Heri mengaku, kondisi tingginya harga telur ayam kondisi utuh juga mempengaruhi omzet penjualan pedagang telur eceran seperti dia. Penurunan omzet mencapai 60 persen setiap harinya.

"Biasanya sehari untuk yang utuh bisa habis 50-an kilo, sekarang 10 kilo saja ngoyo (berat). Semua pilih yang bentesan," paparnya.

Sementara Dina, produsen kue rumahan yang sering belanja di pasar Templek Kota Blitar mengaku, dengan naiknya harga telur ia memang beralih ke telur bentesan sebagai alternatif. Hal ini dilakukan agar usaha kuenya tidak merugi.

"Untuk rasa dan kualitas kue meski pakai bentesan tetap sama. Jadi ya pilih bentesan biar gak rugi, karena yang utuh harganya selangit," ungkap Dina.

Hal berbeda diungkapkan Reni seorang ibu rumah tangga. Ia tetap memilih telur utuh meski harganya mahal. Dengan alasan hanya dibutuhkan untuk konsumsi sendiri sehingga tidak terlalu memberatkan.

"Belinya cuma sekilo palinh banyak, jadi tetap pilih yang utuh. Kalau yang bentes itu seperti kurang higienis karena sudah terbuka," jelasnya. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...