Berharap Merdeka dari Corona, Pedagang Suvenir Makam Bung Karno Kibarkan Bendera Merah Putih

Berharap Merdeka dari Corona, Pedagang Suvenir Makam Bung Karno Kibarkan Bendera Merah Putih Para pedagang suvenir di lokasi wisata Makam Bung Karno Kota Blitar serentak mengibarkan bendera merah putih. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Para pedagang suvenir di lokasi wisata Makam Bung Karno Kota Blitar serentak mengibarkan bendera merah putih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk optimisme bahwa di bulan kemerdekaan ini Indonesia juga akan merdeka dari corona, sehingga mereka bisa kembali berjualan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

"Ini kami lakukan sebagai penyemangat sesama pedagang bahwasanya kita optimis kita bisa merdeka dari corona. Tidak boleh menyerah dan tidak ada bendera berwarna lain. Ini juga bentuk nasionalisme kami karena kami jualan di Makam Bung Karno," ujar Muhamad Mursito, pedagang di Makam Bung Karno, Senin (9/8/2021).

Dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga PPKM juga disudahi, sehingga para pedagang bisa mencari nafkah lagi seperti sebelumnya. "Kami tetap optimis situasi akan kembali seperti sedia kala," imbuhnya.

Kata dia, pariwisata adalah salah satu sektor yang mampu menjadi motor penggerak perekonomian. Oleh karena itu, dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh para pelaku wisata tak terkecuali para pedagang.

"Sejak awal pandemi pada 2020 lalu pendapatan terus turun. Masuk tahun kedua pendapatan semakin turun. Apalagi semenjak diberlakukannya PPKM sejak 28 Juni lalu di mana lokasi wisata ditutup kami tidak jualan sama sekali," pungkasnya.

Suasana di sepanjang lorong pasar suvenir di lokasi wisata Makam Bung Karno kini sepi tanpa pembeli. Pedagang menutup lapak mereka karena lokasi wisata Makam Bung Karno ditutup selama PPKM Level IV. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO