Selasa, 22 Oktober 2019 16:46

Menag Ajak Penyuluh Agama Tingkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat di Jatim

Kamis, 05 Juli 2018 22:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Menag Ajak Penyuluh Agama Tingkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat di Jatim
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memasuki bumi perkemahan para penyuluh agama se-Jawa Timur, didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov Jatim Syamsul Bahri.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin mengajak kepada para penyuluh agama dan guru agama agar senantiasa waktunya diisi dengan bagaimana keagamaan masyarakat di Jawa Timur selalu meningkat kualitasnya.

"Pendidikan keagamaan masyarakat yang meningkat itu dengan harapan bahwa kualitas kerukunan antarumat beragama juga semakin meningkat," ucapnya saat menghadiri penutupan Jambore Penyuluh Agama Islam dan Lintas Agama serta Character Building Camp Pembina OSIS Madrasah 2018, di halaman belakang Kanwil Kemenag Prov Jatim, Kamis (5/7) pagi.

Dalam menghadapi kehidupan yang semakin kompleks ini, Lukman mengingatkan bahwa keberadaan Kementerian Agama yang senantiasa memberikan penyuluhan dan penerangan, semakin memiliki tingkat urgensi yang tinggi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

"Kehidupan kita memang semakin kompleks, tekanan beban hidup ini semakin luar biasa kompleksitasnya dan semakin beragam. Karena itu keberadaan kita (Kemenag) semakin relevan dalam kehidupan yang semakin kompleks," bebernya.

Menag juga menyampaikan rasa syukurnya yang tiada terhingga bisa hadir secara langsung bertemu dengan para penyuluh agama dan guru agama se-Jawa Timur. Menurut dia, mereka (penyuluh agama dan guru agama) adalah pihak-pihak yang selalu ada di posisi terdepan dalam melayani hal ikhwal kehidupan keagamaan masyarakat Jawa Timur ini.

(Salah satu sudut "kampung tenda" yang ada di Jambore Penyuluh Agama se-Jatim)

Dalam kesempatannya, Kepala Kanwil Kemenag Prov Jatim Syamsul Bahri mengatakan bahwa kegiatan jambore ini bersinergi dengan empat momen. Pertama, pertemuan dengan para penyuluh agama lintas agama: kedua, pertemuan para guru pembina OSIS madrasah; ketiga, pertemuan para tokoh agama lintas agama; dan keempat, pertemuan para tokoh islam se-Jawa Timur.

Syamsul juga mengungkapkan bahwa acara kemah lintas agama yang dihadiri oleh para penyuluh dari agama Islam, Protestan, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu itu sebenarnya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

"Berhubung waktunya yang tidak bisa diundur dan tenda-tenda sudah didirikan, Saya memberikan saran kepada Menteri Lukman supaya Presiden bisa menghadiri jambore selanjutnya yang akan digelar di Kediri pada tangga 10 Juli 2018 mendatang," terangnya.

Syamsul menjelaskan, kegiatan jambore periode selanjutnya (periode II) rencananya akan dilaksanakan di Kediri dengan peserta sebanyak 12 ribu orang. Periode II ini termasuk zona III yakni zona mataraman.

Setelah itu jambore periode III pada tanggal 11 Juli 2018 yang akan digelar di Kota Batu Malang. Sedangkan zonanya masuk zona I, meliputi Banyuwangi, Jember sampai Malang Raya.

Saat ini penyelenggaraan jambore periode I digelar di zona II yang wilayahnya meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto, Pasuruan serta Kepulauan Madura. (ian/rev)    

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Senin, 21 Oktober 2019 20:30 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bergerak cepat membantu mengatasi dampak bencana alam akibat angin kencang yang melanda desa sumberbrantas kota Batu, Sabtu malam (19/10). Selain menyalurkan bantuan, Pemprov Jatim support ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Senin, 21 Oktober 2019 12:15 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...