Kamis, 18 April 2019 22:20

Menag Ajak Penyuluh Agama Tingkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat di Jatim

Kamis, 05 Juli 2018 22:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Menag Ajak Penyuluh Agama Tingkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat di Jatim
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memasuki bumi perkemahan para penyuluh agama se-Jawa Timur, didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov Jatim Syamsul Bahri.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin mengajak kepada para penyuluh agama dan guru agama agar senantiasa waktunya diisi dengan bagaimana keagamaan masyarakat di Jawa Timur selalu meningkat kualitasnya.

"Pendidikan keagamaan masyarakat yang meningkat itu dengan harapan bahwa kualitas kerukunan antarumat beragama juga semakin meningkat," ucapnya saat menghadiri penutupan Jambore Penyuluh Agama Islam dan Lintas Agama serta Character Building Camp Pembina OSIS Madrasah 2018, di halaman belakang Kanwil Kemenag Prov Jatim, Kamis (5/7) pagi.

Dalam menghadapi kehidupan yang semakin kompleks ini, Lukman mengingatkan bahwa keberadaan Kementerian Agama yang senantiasa memberikan penyuluhan dan penerangan, semakin memiliki tingkat urgensi yang tinggi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

"Kehidupan kita memang semakin kompleks, tekanan beban hidup ini semakin luar biasa kompleksitasnya dan semakin beragam. Karena itu keberadaan kita (Kemenag) semakin relevan dalam kehidupan yang semakin kompleks," bebernya.

Menag juga menyampaikan rasa syukurnya yang tiada terhingga bisa hadir secara langsung bertemu dengan para penyuluh agama dan guru agama se-Jawa Timur. Menurut dia, mereka (penyuluh agama dan guru agama) adalah pihak-pihak yang selalu ada di posisi terdepan dalam melayani hal ikhwal kehidupan keagamaan masyarakat Jawa Timur ini.

(Salah satu sudut "kampung tenda" yang ada di Jambore Penyuluh Agama se-Jatim)

Dalam kesempatannya, Kepala Kanwil Kemenag Prov Jatim Syamsul Bahri mengatakan bahwa kegiatan jambore ini bersinergi dengan empat momen. Pertama, pertemuan dengan para penyuluh agama lintas agama: kedua, pertemuan para guru pembina OSIS madrasah; ketiga, pertemuan para tokoh agama lintas agama; dan keempat, pertemuan para tokoh islam se-Jawa Timur.

Syamsul juga mengungkapkan bahwa acara kemah lintas agama yang dihadiri oleh para penyuluh dari agama Islam, Protestan, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu itu sebenarnya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

"Berhubung waktunya yang tidak bisa diundur dan tenda-tenda sudah didirikan, Saya memberikan saran kepada Menteri Lukman supaya Presiden bisa menghadiri jambore selanjutnya yang akan digelar di Kediri pada tangga 10 Juli 2018 mendatang," terangnya.

Syamsul menjelaskan, kegiatan jambore periode selanjutnya (periode II) rencananya akan dilaksanakan di Kediri dengan peserta sebanyak 12 ribu orang. Periode II ini termasuk zona III yakni zona mataraman.

Setelah itu jambore periode III pada tanggal 11 Juli 2018 yang akan digelar di Kota Batu Malang. Sedangkan zonanya masuk zona I, meliputi Banyuwangi, Jember sampai Malang Raya.

Saat ini penyelenggaraan jambore periode I digelar di zona II yang wilayahnya meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto, Pasuruan serta Kepulauan Madura. (ian/rev)    

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...