Panwascam Harus Paham Sistem Pelaporan dan Tata Kelola Keuangan

Panwascam Harus Paham Sistem Pelaporan dan Tata Kelola Keuangan

PACITAN, BANGSANOLINE.com - Akuntabilitas dan transparansi penggunaan uang negara terus menjadi atensi penyelenggara pemilu, khususnya Panwaslu Kabupaten Pacitan. Terkait persoalan tersebut, sekretariat lembaga pengawas itu kembali melakukan bimbingan administrasi keuangan serta review laporan pertanggungjawaban keuangan kepada seluruh panwas kecamatan serta para bendahara dan staf administrasi keuangan.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Pacitan Sudaryono mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar semua bendahara dan staf keuangan yang tersebar di 12 panwascam bisa lebih memahami dan tidak gagap dalam melakukan tata kelola keuangan.

"Kita sambil mereview semua kegiatan yang sudah dan tengah dilakukan, utamanya mengenai tata kelola keuangan," ujarnya, Rabu (4/7).

Dia berharap dengan terselenggaranya pembinaan ini, tata kelola keuangan akan tepat penyerapan, tepat sasaran, dan tepat penggunaan.

"Yang lebih diperhatikan, mengenai sistem pelaporan keuangan diharapkan bisa tepat waktu dari awal kegiatan hingga akhir. Sistem pelaporan keuangan dari panwascam ke panwaslu kabupaten diharapkan tepat waktu dan sesuai dengan sistem atau motode akuntansi yang ditetapkan," tegas Sudaryono.

"Dengan terciptanya sistem tata kelola keuangan yang akuntabel sesuai sistem yang ada, tentu akan tercipta pelaporan keuangan yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan," imbuhnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO