Gara-gara Masak Ditinggal Pergi, 4 Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar

Gara-gara Masak Ditinggal Pergi, 4 Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar Lokasi kebakaran di Dusun Leran, Desa Palembon, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Empat rumah di Dusun Leran, Desa Palembon, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ludes dilalap si jago merah, Rabu pagi (04/06/18).

Menurut Kasi Kebencanaan dan Pemadaman BPBD Bojonegoro, Sukirno, peristiwa kebakaran itu awalnya muncul dari Rumah Sumiatin pada pukul 09.50 WIB. Kemudian api membesar dan menjalar ke rumah warga lainnya.

"Ibu Sumiatin saat itu sedang menanak nasi di tungku, tetapi saat itu sempat ditinggal belanja ke luar rumah. Tiba-tiba api merembet ke dinding rumah yang terbuat dari bambu, dan membesar," terang Sukirno.

Warga dan pemilik rumah yang mengetahui rumah berukuran sepuluh kali lima meter itu terbakar berteriak dan berusaha memadamkan kobaran api yang belum membesar. Namun upaya warga itu belum berhasil, justru api terus berkobar dan merembet ke rumah warga lainnya.

"Pos BPBD Baureno yang juga menerima laporan langsung menunju ke lokasi dan melakukan pemadaman. Alhamdulillah tidak semua rumah habis terbakar," ungkapnya.

Ia merincikan empat rumah warga yang terbakar, yakni rumah milik Sumiatin 80 tahun habis terbakar dan mengalami kerugian material Rp. 25 juta. Rumah selanjutnya milik Mashadi 45 tahun mengalami kebakaran dan rusak sebagian, serta menderita kerugian senilai Rp. 20 juta.

Dua rumah lainnya milik Lastari 53 tahun, dan rumah milik Kolis 75 tahun. Rumah keduanya sebagian habis terbakar dan mengalami kerugian material masing-masing Rp. 10 juta.

"Kami imbau kepada masyarakat apabila melakukan aktivitas memasak atau aktivitas lainnya yang mengandung api sebaiknya tidak ditinggal. Karena saat ini musim kemarau, banyak bahan-bahan kering dan mudah terbakar," tandasnya. (nur/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO