Rabu, 21 Agustus 2019 06:33

Relawan Blitar Laporkan Akun WA, Sebarkan Black Campaign Benturkan NU dan Muhammadiyah

Selasa, 26 Juni 2018 17:09 WIB
Editor: Tim
Wartawan: -
Relawan Blitar Laporkan Akun WA, Sebarkan Black Campaign Benturkan NU dan Muhammadiyah

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Relawan yang mengatasnamakan Relawan Pilkada Damai melaporkan akun WhatsApp atas nama Royan Blitar dan nomor 085604347055 ke Panwaslu Kabupaten Blitar, Selasa (26/06/2018) sore. Akun WhatsApp atas nama Royan Blitar ini diduga melakukan black campaign atau kampenye hitam menjelang pencoblosan Pilgub Jatim 2018.

"Kami dari Relawan Pilkada Damai sudah melaporkan tindakan black campaign yang dilakukan akun WhatsApp atas nama Royan Blitar dan nomer 085604347055. Akun tersebut sudah menebar meme berbau fitnah dan informasi tidak benar yang menurut kami menyulut konflik horizontal menjelang pemungutan suara," ujar Kordinator Relawan Pilkada Damai, Muzakki Ahmad Setiawan pasca melapor ke Panwaslu Kabupaten Blitar.

Iwan panggilan akrabnya menambakan, black campaign yang disebarkan lewat media sosial ini berupa SMS, dan status WhatsApp. Black Campaign ini sangat berunsur fitnah dan pembunuhan karakter yang ditujukan kepada salah satu paslon.

Ada beberapa poin yang menurutnya mengandung unsur fitnah dan informasi tidak benar, pertama, ada unsur upaya membenturkan NU dan Muhammadiyah, kedua melakukan fitnah tentang KH. Asep Syaifuddin Chalim, dan ketiga membunuh karakter Paslon nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa.

"Ini sangat disayangkan sekali sebaran meme tersebut berpotensi membenturkan dua ormas besar Islam yang selalu berjalan bersama menjaga NKRI. Saya harap Panwaslu bisa segera menindaklanjutinya laporan kami. Kami percayakan sepenuhnya kepada pihak berwenang," tukasnya.

Dalam pantauan media, akun atas nama Royan diduga pendukung Paslon nomor 2. Dalam status WA, akun tersebut meng-upload dukungan kepada Paslon nomor 2 dan status setelahnya adalah menyebar gambar hoax yang dijadikan barang bukti oleh pelapor.

Staf Panwas Kabupaten Blitar, Ainun Najib yang menerima laporan mengatakan bahwa berkas telah diterima dan untuk selanjutnya adalah wewenang komisioner Panwaslu Kabupaten Blitar yang akan menindaklanjuti.

"Saya selaku staf sudah sudah menerima berkas laporan dari pelapor, dan akan kami register. Selanjutnya adalah wewenang pimpinan yang akan menindaklanjuti," pungkasnya. (*)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...